in

Pastikan Kesiapan Penanganan Sengketa Pemilu, Anggota Bawaslu RI Sidak di Semarang

Sidak dilakukan untuk memastikan segala kesiapan jajaran pengawas di daerah dan antisipatif di setiap tahapan Pemilu 2024.

Anggota Bawaslu RI, Totok Hariyono tengah menyidak kantor Bawaslu Kota Semarang. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI), Totok Hariyono melakukan inspeksi mendadak (sidak) di kantor Bawaslu Kota Semarang, Kamis (5/10/2023).

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa tersebut berkeliling mengecek ruangan kerja sekretariat sampai ruang sidang penyelesaian sengketa proses maupun penanganan pelanggaran administrasi.

Sidak dilakukan Totok untuk memastikan segala kesiapan jajaran pengawas di daerah dan antisipatif di setiap tahapan Pemilu 2024.

Menurut Totok, salah satu yang penting diperhatikan dalam mengawal tahapan Pemilu adalah kesiapan sarana dan prasarana persidangan. Sebab, terdapat potensi sengketa maupun pelanggaran yang nantinya berujung disidangkan di Bawaslu.

“Kita ini lembaga penegak hukum, sehingga sudah sepantasnya kesiapan sarana prasarana sidang dimaksimalkan maka yang masih kurang-kurang agar segera dilengkapi karena potensi sengketa bisa saja terjadi,” ujar Totok.

Lebih lanjut, Totok mengapresiasi kerja kompak Bawaslu Kota Semarang yang telah sigap dalam mengawal tahapan Pemilu hingga saat ini.

Dia juga menyampaikan bahwa tahapan ke depan akan semakin menyita waktu dan tenaga. Dengan demikian, tidak hanya ketangkasan kerja yang diperhatikan, tetapi kesehatan juga wajib dijaga.

“Kampanye tinggal menghitung waktu, siapkan strategi taktis untuk menangkal politik uang dan pelanggaran pemilu yang akan merusak demokrasi,” ungkap Totok.

Selain itu, Totok menambahkan agar Pengawas Pemilu tidak melupakan koridor hukum dan aturan yang berlaku saat melakukan pengawasan. (*)

editor : tri wuryono

Baihaqi Annizar