in

Bawaslu Kota Semarang Awasi Proses Sortir Lipat Surat Suara Pemilu 2024

Pengawasan sortir lipat perlu untuk memetakan surat suara yang baik dan rusak dan untuk memastikan petugas bekerja sesuai aturan.

Petugas sedang sortir lipat surat suara pemilu 2024 di Gudang Logistik KPU Kota Semarang. (istimewa)
Petugas sedang sortir lipat surat suara pemilu 2024 di Gudang Logistik KPU Kota Semarang. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Bawaslu Kota Semarang mengawasi proses sortir lipat surat suara Pemilu 2024 di Gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Rabu (10/1/2024).

Anggota Bawaslu Kota Semarang Euis Noor Faoziah mengatakan, pengawasan sortir lipat perlu untuk memetakan surat suara yang baik dan rusak.

Serta untuk memastikan petugas sortir lipat bekerja sesuai aturan dan mematuhi tata tertib yang diberlakukan oleh KPU Kota Semarang.

“Bawaslu tetap memastikan agar proses sortir lipat dilakukan secara teliti. Jika ada surat suara yang sobek ataupun salah cetak, pelaksana sortir kami minta untuk melaporkan ke petugas KPU,” kata Euis.

Kata Euis selaku Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat, setiap harinya akan ada jajaran pengawas pemilu yang melakukan pengawasan secara melekat.

Menurutnya, pengawasan sortir lipat juga penting untuk memastikan agar tidak terjadi kesalahan pendistribusian surat suara sesuai TPS maupun potensi tertukar surat suara karena harus sesuai peruntukan daerah pemilihan (dapil).

“Kami awasi secara melekat terdapat 105 tim yang bertugas di mana setiap tim ada 5 orang petugas sehingga total petugas 525 sortir lipat,” ujar Euis.

Sejauh ini, kata dia, belum terdapat pelanggaran karena pengawas pemilu dan pelaksana berkomitmen untuk bersinergi mengawal tata tertib dan tata cara pelaksanaan sortir lipat sesuai dengan KPT KPU No 1395. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar