in ,

Pameran di Palembang, Batik Produk UKM Jateng Ludes di Belakang Catwalk

PALEMBANG (jatengtoday.com) – Busana berbahan batik produksi UKM Jateng tak sempat dipamerkan di UKM Dekranasda Jateng Expo 2019 di Palembang yang digelar Jumat-Minggu (8-10/11/2019). Semuanya langsung ludes di belakang catwalk, setelah para model memeragakan busana batik.

Produk batik memang menjadi andalan dalam pameran tersebut. Ada puluhan model yang memeragakan busana di atas catwalk di acara pembukaan, Jumat (8/11/2019). Mulai dari Batik Muria Kudus, Lurik Yoga, Art Klaten dan lain sebagainya.

Setelah rangkaian acara pembukaan usai, Wakil Ketua Dekranasda Sumsel, Fauziah Mawardi Yahya, didampingi Ketua Harian Dekranasda Jateng, Peny Rahayu serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Ema Rachmawati berkeliling mengunjungi stand.

Saat mengunjungi stand batik, mereka kaget karena tidak ada satu pun busana yang ditata. “Baju batik yang diperagakan sudah habis. Sudah ada yang nunggu di balik catwalk, langsung dibeli,” ucap penjual, Yani.

Tak hanya batik, sejumlah produk UKM yang dipamerkan juga laris manis. Wedang uwuh, misalnya. Sebanyak 500 porsi wedang uwuh, habis dalam beberapa jam.

“Monel, bulu mata palsu dan produk lainnya diborong pembeli,” ucap Peny.

Pada kesempatan itu, Peny menuturkan, UMKM Jateng tak hanya Go Regional tapi juga Go Internasional. “Ini wujud nyata untuk pengembangan pemasaran UMKM. Nilai lebih produk UMKM dengan memberikan pelatihan guna menciptakan desiner Jateng andal,” paparnya. (*)

editor : tri wuryono

Ajie MH.