in

Musra Jateng, Prabowo Subianto Diunggulkan

Hasil sementara perolehan suara Musra, nama Prabowo Subianto masih unggul tipis dibandingkan nama-nama lain yang muncul.

SEMARANG (jatengtoday.com) – Pelaksanaan Musyawarah Rakyat atau Musra XVII Jateng berlangsung sukses. Ribuan relawan Jokowi dari berbagai daerah hadir dalam forum Musra yang berlangsung di Astina Ballroom UTC Hotel Jalan Kelud Raya Semarang.

Hasil sementara perolehan suara Musra, nama Prabowo Subianto masih unggul tipis dibandingkan nama-nama lain yang muncul. Dibelakang Prabowo, ada Gubernur Jateng yang menempel ketat dengan selisih yang tidak begitu banyak. Urutan ketiga diraih Airlangga Hartarto.

Sedangkan untuk kandidat cawapres sedikitnya ada tiga nama yang menonjol yakni Mahfud MD, Sandiaga Uno dan Arsjad Rasjid. Munculnya nama Prabowo ini tidak lepas dari dukungan masyarakat Jateng yang hadir dalam forum Musra. Salah satunya adalah Muhammad Zamroni.

Relawan Jokowi yang aktif didunia pendidikan ini menilai ke depan Indonesia membutuhkan pemimpin yang cerdas, tegas dan berani sehingga disegani bangsa-bangsa lain. Dia mengaku bangga dengan raihan prestasi Jokowi selama dua periode memimpin Indonesia.

“Prestasi Pak Jokowi sangat banyak, dan ini harus dilanjutkan, oleh pemimpin yang dekat dan dipercaya oleh Jokowi, mereka yang jadi mentri adalah orang kepercayaan Jokowi, maka dengan tegas kami sampaikan dukungan untuk Prabowo,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan relawan Jokowi yang juga aktifis muda NU asal Blora, Imam Fandholi. Menurutnya, Jokowi sudah menorehkan prestasi yang luar biasa untuk negeri ini. “Prestasi Pak Jokowi membangun negeri yang luar biasa ini sudah banyak, saatnya dilanjutkan oleh orang yang tepat,” ujar Imam.

Sosok yang tepat melanjutan estafet kepemimpinan Jokowi adalah mereka yang telah membantu Jokowi di kabinet. Dengan duduk di jajaran mentri Jokowi maka akan tahu arah pembangunan yang diinginkan oleh pemimpin sehingga sangat tepat diberi kepercayaan untuk melanjutkan.

“Kita tahu dari sekian mentri ada satu yang dekat dengan Jokowi, bisa bekerja dengan baik, juga berprestasi, yakni Pak Prabowo, beliau sosok yang tepat melanjutkan kepemimpinan Pak Jokowi,” tegasnya. Aktifis kaum milenial Kota Semarang Yudhistira Adi juga mendukung Prabowo Subianto sebagai suksesor Jokowi.

Relawan Jokowi sejak tahun 2014 ini mengaku bangga dengan prestasi Jokowi. Untuk meneruskan prestasi ini diperlukan sosok yang bisa bekerja. “Kita tahu di jajaran mentri ada sosok yang bisa bekerja dengan baik, yakni Prabowo Subianto, ini yang layak kita dukung,” tegasnya.

Selain Prabowo, nama lain yang muncul adalah Ganjar Pranowo. Gubernur Jateng ini juga meraih dukungan yang lumayan selama forum Musra. Sunardi misalnya, peserta Musra asal Kabupaten Semarang ini mengaku mendukung Ganjar. “Ada beberapa kode-kode yang disampaikan Jokowi, seperti rambut putih, ini jelas diarahkan ke Pak Ganjar,” katanya.

Munculnya dua nama ini tentu sangat menarik. Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea menyebut antusiasme relawan dan masyarakat Jateng luar biasa.  Ia berharap penerus Presiden Jokowi bisa lahir dari Musra kali ini.

“Sangat luar biasa. Kami pastikan Musra Jateng jadi Musra yang meriah dan menyenangkan,  semoga muncul pemimpin penerus Jokowi dari rangkaian Musra ini,” kata Andi Gani. Dia menyatakan nantinya hasil voting dari relawan akan diumumkan pada puncak Musra yang diperkirakan berlangsung pada pertengahan Maret di Jakarta.

Pada puncak Musra itu, kata Andi Gani, akan diumumkan enam nama capres-cawapres yang menduduki posisi tertinggi selama berlangsungnya Musra. “Enam  nama capres-cawapres ini nantinya akan kami laporkan ke Presiden Jokowi. Sejauh ini sepanjang Musra 3 besar capres ada nama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Airlangga Hartarto,” katanya. (*)

Ajie MH.