in

Lantik Bupati, Ganjar Berpesan untuk Buka Lebar Pintu Investasi

SEMARANG (jatengtoday.com) – Mereka yang dilantik adalah Bupati-Wakil Bupati Banyumas Achmad Husein dan Sadewo Tri Lastiono, Bupati-Wakil Bupati Temanggung Al Khadiq dan Heri Ibnu Wibowo, Bupati-Wakil Bupati Kudus Muhammad Tamzil dan HM Hartopo. Pelantikan dilakukan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Gradhika Bhakti Praja, Jalan Pahlawan Semarang, Senin (24/9/2018). Sedangkan Wakil Wali Kota Tegal Nursholeh dilantik sebagai Wali Kota Tegal untuk sisa masa jabatan 2014-2019.

Pada kesempatan itu, Ganjar meminta seluruh bupati untuk terus membuka pintu investasi. Pasalnya, saat ini Jateng sedang menjadi idola bagi para investor yang ingin mengembangkan usahanya.

Meski begitu, Ganjar mengingatkan agar aspek lingkungan tetap menjadi prioritas. Untuk mendorong dukungan terhadap aspek lingkungan tersebut, penyusunan RPJMD harus disinkronisasikan dan diharmonisasikan mulai dari tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota.

Selain itu, pengelolaan lingkungan diperlukan inovasi dan teknologi. Sehingga dukungan para akademisi perguruan tinggi sangat diperlukan dalam menciptakan inovasi dan teknologi yang tepat guna.

“Mari didorong, kita atur, kita tata betul-betul. Sampah luar biasa banyaknya. Kita mesti dorong betul untuk dukungan aspek lingkungan ini agar tertata dengan baik, keseimbangan dan daya dukungnya diatur, dan tata ruangnya terjaga,” terangnya.

Seiring dengan tata lingkungan, Ganjar juga berpesan semua pihak terus menggerakkan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Salah satunya dengan bersih-bersih lingkungan di hari Jumat. Selain untuk menjaga lingkungan, gerakan itu tentu memberikan dampak kesehatan yang baik.

Ganjar juga berpesan terkait guru honorer. Dia meminta bupati bisa memberi upah tenaga honorer dengan gaji minimal sesuai UMK masing-masing daerah. Ini agar nantinya kualitas SDM generasi penerus di Jawa Tengah bisa lebih baik lagi.

“Mari kita kasih UMK saja, kita hitung sesuai dengan UMK di tempat bapak-ibu kira-kira butuh duit berapa. Kalau tidak cukup bisa bertahap agar kualitas SDM kita bagus. Masa anak-anak kita pasrahkan kepada mereka yang mendidik anak kita dengan pendapatan yang kurang,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) oleh Ketua TP PKK sekaligus Dekranasda Provinsi Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo. Mereka yang dilantik adalah Hj Erna Sulistyawati Achmad Husein (Ketua TP PKK/ Dekranasda Kabupaten Banyumas), Hj Denty Eka Widi Pratiwi Heri Ibnu Wibowo (Ketua TP PKK/ Dekranasda Kabupaten Temanggung), dan Hj Rina Budhy Ariani Muhammad Tamzil (Ketua TP PKK/ Dekranasda Kabupaten Kudus). (*)

editor : ricky fitriyanto

Ajie MH.