in

Korea dan Jepang Jadi Destinasi Favorit Orang Semarang, Ini Alasannya

SEMARANG (jatengtoday.com) – Korea dan Jepang saat ini menjadi destinasi wisata luar negeri favorit bagi warga Kota Semarang. Hal itu didasarkan pada testimoni para agen perjalanan wisata yang menggelar Travel Fair di DP Mal Semarang, Jumat-Minggu (5-7/4/2019).

Penyelenggara acara, Kristianto Kusuma mengatakan, dalam kesempatan ini, Nusantara Tour menggandeng 10 travel agent dari Jakarta, untuk mengadakan acara bertajuk “Pesta Wisata”. Tujuannya, kata Kris, supaya orang-orang lokal bisa mendapat kemudahan berwisata melalui travel berkualitas.

“Sengaja kita datangin yang dari nasional ke Semarang supaya bisa dijangkau orang-orang sini,” ujar Kris yang juga Marketing Communication Nusantara Tour, Minggu (7/4/2019).

Menurutnya, berdasarkan testimoni, saat ini warga Kota Semarang banyak yang menggemari wisata di negara-negara Asia, seperti Korea dan Jepang, sebagian ada yang ke China. Kondisi ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana mayoritas memilih destinasi wisata ASEAN.

“Kalau dulu mainnya ke Singapura, Malaysia, Thailand, sekarang sudah mulai upgrade ke Asia, tak hanya ASEAN. Jadi ada Korea sama Jepang, imbuhnya.

Ada berbagai alasan yang mendasari hal tersebut. Kemungkinan, kata Kris, wisatawan Indonesia, khususnya Semarang ini, banyak yang ingin berfoto dengan suasana musim disana. Seperti diketahui, Korea dan Jepang memiliki tiga musim yang diantaranya tidak bisa ditemukan di Indonesia.

“Apalagi besok momennya adalah cherry blossom atau musim seminya sana. Banyak yang kepengen liat itu. Apalagi mayoritas yang berlibur adalah anak-anak muda. Pada pengen eksis,” jelas Kris.

Daya tarik wisatawan juga dipengaruhi oleh dukungan negara tujuan. Ia mencontohkan Jepang. Di Negeri Sakura tersebut, memberlakukan free visa bagi warga negara Indonesia yang memilili paspor elektronik. “Orang Indonesia kan suka sama yang gratis-gratis,” bebernya.

Dia menambahkan, faktor lainnya yang tak kalah penting adalah harga tiket pesawat. Menurut Kris, harga tiket pesawat luar negeri yang terjangkau, juga sangat mempengaruhi daya tarik wisatawan.

Elena dari Bayu Buana Travel mengungkapkan, selain Korea dan Jepang, wisata luar negeri yang juga banyak diminati warga Semarang adalah Eropa. Ia menerka, Eropa diminati karena banyak tawaran diskon kesana.

“Kalau untuk tujuan Eropa, kami (Bayu Buana Travel) diskonnya bisa mencapai Rp 7 juta per orang. Belum lagi diskon-diskon lainnya,” jelasnya.

Adapun untuk harganya sendiri, sangat beragam. Di samping tujuan wisata, paket yang dipilih juga mempengaruhi harga. “Ada yang paket komplet, tapi ada juga yang hanya tiket saja, atau ada pula yang cari tempat wisatanya saja. Macam-macam pokoknya,” tandas Elena. (*)

editor : ricky fitriyanto

Baihaqi Annizar