in

Beredar Gambar Ganjar Peluk Mantan Bintang Film Dewasa Jepang, Begini Tanggapan Netizen

Gambar hoax tersebut diunggah di grup publik Facebook INDONESIA BERSUARA, sambil menyertakan caption “Yg model begini mau di jadikan Presiden makin hancur indonesia”.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Dunia maya digegerkan oleh akun facebook bernama Guntur. Pasalnya, dia mengunggah foto bakal calon presiden PDI Perjuangan Ganjar Pranowo sedang berpelukan sambil ciuman dengan mantan bintang film dewasa asal Jepang, Maria Ozawa.

Sejak diunggah pada Senin 1 Mei 2023, unggahan tersebut telah mendapat 42 ribu komentar, disukai sebanyak 17 ribu dan dibagikan 304 kali.

Unggahan tersebut dia buat di grup publik INDONESIA BERSUARA, sambil menyertakan caption “Yg model begini mau di jadikan Presiden makin hancur indonesia”.

Tidak ada penjelasan lain maupun jawaban dari yang bersangkutan di kolom komentar. Tapi jika ditengok berandanya, semua unggahan yang bersangkutan berisi narasi yang menyerang Ganjar. Beberapa postingan bahkan cenderung senonoh.

Beragam komentar dilayangkan netizen untuk menanggapi postingan tersebut.

Ada yang menyebut foto itu cuma editan dan bertujuan memfitnah Ganjar, ada yang menghubungkan bahwa pengunggah memiliki afiliasi sebagai pendukung salah satu bakal calon presiden, ada yang mendukung pihak berwajib segera melakukan turun tangan. Ada juga yang memberi dukungan moril kepada Ganjar.

Akun @AlimKusman misalnya. Dia memberi komentar, “Kalo mau menang tunjukkan prestasimu jangan menjelek2an lawanmu. Itu sama dg abu lahab, sengkuni. Yg menjatuhkan lawan, dia akan kalah.”

Komentar lain disampaikan oleh @KevinPatteipeilohy. Dia mengatakan “Pola nya masih sama kyk 2014 & 2019 tinggal tunggu menolak sholatin mayat aja nih…udah ketebak banget…mungkin udah jadi ciri khas para gembel politik.”

Ada juga yang mengatakan bahwa itu merupakan fitnah, sebagaimana disampaikan akun @ErickLuwis, “Fitnah sudah mulai bertebaran. Awas ketangkep nanti nanges.”

Sementara komentar lebih bijak disampaikan oleh akun @ServinaSagala, “Bersaing/bertarunglah secara sehat saudaraku,apa ngga takut sama Tuhan. Editanmu juga kelihatan banget, kau ambil dari manalah itu kepala pak Ganjar. Ingat saudaraku hukum karma masih ada.”

Dari sekian banyak komentar, sebagaimana dilontarkan oleh akun @ServinaSagala, sebagian besar netizen menganggap bahwa foto itu merupakan editan.

Sampai sekarang belum ada tanggapan apapun dari Ganjar sebagai pihak yang diserang. Jika dilihat dari postingan akun media sosial personalnya, Ganjar justru mengunggah hasil kerjanya mulai dari pembangunan pemukiman sampai yang terbaru tentang kinerjanya di bidang pendidikan.

Bahkan pada Selasa (2/5) pagi Ganjar sedang melakukan siaran livestreaming pelaksanaan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman kantornya di Jalan Pahlawan, Kota Semarang.

Namun beberapa waktu usai lari pagi di Gelora Bung Karno Jakarta, Ganjar Pranowo menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk menjaga kondusivitas pemilu 2024.

Menurut Ganjar, semua calon yang akan bertarung pastinya punya gagasan dan ide masing-masing.

“Ingat, di antara kita semua adalah teman. Tidak perlu disama-samakan, tapi dipersatukan. Jadi saya titip betul mulai hari ini, mari kita jaga perilaku kita baik-baik. Jangan sakiti orang lain, jangan bully orang lain. Kita salurkan energi yang positif. Setuju!” tegas Ganjar. (*)

Ajie MH.