in

Kejar Target, Pengerjaan Fisik Dua Bandara Baru Dikebut

SEMARANG (jatengtoday.com) – Pekerjaan infrastruktur dua bandara baru di Jateng terus dikebut. Tahun depan, dua bandara baru segera beroperasi, yakni Bandara Ngloram di Blora dan Bandara Jenderal Soedirman di Purbalingga.

Kepala Dinas Perhubungan Jateng, Satriyo Hidayat mengatakan, pekerjaan fisik di dua bandara tersebut terus dikebut. Beberapa pekerjaan fisik yang menjadi tanggungjawab pemerintah pusat, provinsi dan daerah, terus digenjot agar selesai sesuai target.

“Beberapa pekerjaan tahap pertama bahkan sudah selesai, seperti perpanjangan runway, pemasangan pagar, drainase dan lainnya. Dengan capaian ini, kami optimistis pada akhir tahun 2020, kedua bandara ini bisa operasi,” jelasnya, Jumat (29/11/2019).

Dijelaskan, untuk Bandara Ngloram, nantinya panjang runway pada tahap pertama akan mencapai 1200 meter. Sementara untuk Bandara Jenderal Soedirman, panjang runway tahap pertama 1600 meter. Nantinya, pembangunan runway di dua bandara itu akan terus ditingkatkan dalam tahap berikutnya, mencapai 2600 meter.

“Dengan panjang runway yang sudah ada itu, maka dua bandara tersebut dapat digunakan untuk mendarat pesawat jenis ATR 42 MTOW dan ATR 72 MTOW,” tegasnya.

Meski begitu, pada akhir tahun depan, dua bandara baru sebatas charter flight dan belum melayani penerbangan reguler. (*)

 

editor : ricky fitriyanto