in

Kalahkan Jakarta BIN, Pertamina Selangkah Lagi ke Grand Final Proliga 2023

Jakarta Pertamina Fastron setidaknya hanya butuh dua set lagi saat bertemu bjb Tandamata, Minggu (12/3) untuk mengunci tiket grand final.

Kapten Jakarta Pertamina Fastron, Agustin Wulandari (kanan) bersama Arneta Putri. (foto: dokumentasi Jakarta Pertamina Energi)

SOLO (jatengtoday.com) – Tim putri Jakarta Pertamina Fastron selangkah lagi melaju ke grand final PLN Mobile Proliga 2023 usai mengalahkan Jakarta BIN dengan skor 3-1 (25-27, 25-23, 25-18 dan 25-18) pada seri tiga final four di GOR Sritex Arena, Solo, Jumat (10/3/2023).

Duel sengit tersaji antara Pertamina Fastron dan Jakarta BIN dalam upaya menjaga kans lolos ke grand final. Kedua tim silih berganti memimpin perolehan poin di set pertama.

Pertamina dua kali mendapat kesempatan set poin tapi selalu berhasil disamakan oleh Ratri Wulandari dan kawan-kawan. Hingga akhirnya Service ace Savira Oktaviani membawa Jakarta BIN memenangkan set pertama dengan skor 27-25.

Jakarta BIN mengawali set kedua dengan cukup baik. Anak asuh Octavian bahkan sempat memimpin lima poin dalam kedudukan 18-13. Tapi, mereka gagal memanfaatkan momentum tersebut dan justru takluk 23-25.

Keunggulan di set kedua menambah kepercayaan diri pemain-pemain Pertamina Fastron. Agustin Wulandari dkk tak terbendung di dua set berikutnya dan menyudahi perlawanan Jakarta BIN dengan skor 25-18 dan 25-18.

Kemenangan ini membuat peluang Pertamina Fastron lolos ke grand final semakin besar. Tim besutan Eko Waluyo kini menyodok ke posisi runner-up dengan poin 9 di bawah Bandung bjb Tandamata yang sudah memastikan tiket ke grand final dengan poin 10.

Jakarta Pertamina Fastron setidaknya hanya butuh dua set lagi saat bertemu bjb Tandamata, Minggu (12/3) untuk mengunci tiket grand final. Seandainya kalah dengan skor 2-3 maka poin mereka menjadi 10 dan tidak terpengaruh hasil pertandingan Jakarta BIN.

Sementara, kekalahan tersebut membuat posisi Jakarta BIN yang memiliki 6 poin menjadi semakin sulit. Fernanda Tome dkk masih memiliki kans lolos jika mengalahkan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Sabtu (11/3) besok dengan skor 3-0 atau 3-1 dan berharap ‘bantuan’ bjb Tandamata untuk mengalahkan Pertamina Fastron.

Partai puncak PLN Mobile Proliga 2023 akan digelar di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada 18 dan 19 Maret mendatang. (*)

Tri Wuryono