in

Singkirkan Petrokimia, bjb Tandamata Lolos ke Grand Final Proliga 2023

Satu tiket grand final lainnya akan diperebutkan oleh Jakarta Pertamina Fastron dan Jakarta BIN.

Bandung bjb Tandamata menjadi tim pertama yang lolos ke grand final PLN Mobile Proliga 2023. (foto: istimewa)

SOLO (jatengtoday.com) – Tim putri Bandung bjb Tandamata memastikan satu tempat di grand final PLN Mobile Proliga 2023 setelah menundukkan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia dengan skor 3-0 (25-17, 25-21, 25-20) pada seri ketiga final four di GOR Sritex Arena Solo, Kamis (9/3/2023).

Tim besutan Alim Suseno itu kokoh di puncak klasemen sementara dengan empat kali kemenangan dan sekali kalah, sepanjang pertarungan empat besar. Satu-satunya kekalahan bjb Tandamata yakni dari Jakarta BIN 0-3 pada duel seri 2 final four di Semarang, pekan lalu.

Shella Bernadetha dkk kini memiliki 10 poin dan masih menyisakan satu laga di Solo, yakni menghadapi Pertamina Fastron, Minggu (12/3). Andaikan gagal menambah poin, bjb Tandamata setidaknya masih bisa menjadi runner-up.

Satu tiket grand final lainnya akan diperebutkan oleh Jakarta Pertamina Fastron dan Jakarta BIN yang sama-sama memiliki enam poin dari empat laga. Kedua tim bakal terlibat pertarungan hidup mati, Jumat (10/3) besok. Kemenangan akan memperbesar kans untuk menemani bjb Tandamata.

“Kami bersyukur tiket grand final sudah kami raih, sesuai target awal. Ini berkat perjuangan keras, disiplin dan kekompakan para pemain dan pelatih,” kata Asisten Manajer Bandung bjb Tandamata, Adik Rega Pahla, usai laga.

Kapten tim Bandung bjb, Wilda Siti Nurfadhilah menyebut kemenangan itu merupakan hasil kerja keras seluruh rekan setimnya dalam menjalankan instruksi pelatih Alim Suseno.

”Alhamdulillah, hasil ini lolos ke grand final bagi aku pribadi di Proliga. Sekarang kami siapkan mental untuk menghadapi pertandingan puncak,” tutur Wilda.

Sementara, kekalahan dari bjb Tandamata menutup peluang Petrokimia dalam perebutan tiket ke grand final. Runner-up Proliga 2022 itu kini mengalihkan fokus untuk memperebutkan juara ketiga pada gelaran Proliga 2023.

Pada pertandingan terakhirnya di Solo, Petrokimia akan menghadapi Jakarta BIN, Sabtu (11/3). (*)

Tri Wuryono