in

Jelang Pemilu, Wasekjend Sudaryono Dimandat Prabowo Pimpin Partai Gerindra Jateng

SEMARANG (jatengtoday.com) – Ketua Umum Partai Gerindra, Pranowo Subianto mendapuk Wakil Sekretaris Jendral Sudaryono untuk memimpin DPD Gerindra Jateng. Pergantian Ketua DPD Gerindra Jateng dari Abdul Wachid ke Sudaryono ini dilakukan menjelang Pemilu 2024.

“Benar, bahwa berdasarkan SK DPP Partai Gerindra yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum kami Pak Prabowo, telah menunjuk saya sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah yang baru menggantikan Pak Abdul Wachid,” ungkap Sudaryono kepada awak media, Rabu (18/10/2023).

Pria asli kelahiran Grobogan, Jawa Tengah pada 23 Januari 1985 itu menjelaskan, bahwa dirinya akan berjuang dan berusaha sekuat mungkin dalam membangun Partai Gerindra di Jawa Tengah serta mewujudkan visi misi dan nilai perjuangan partai.

“Kami menyadari bahwa dalam membangun dan membesarkan partai di Jawa Tengah ini membutuhkan tenaga dan pikiran yang ekstra. Memang tidak mudah, tapi insyaallah kita mampu,” Tegas Sudaryono.

Meski usianya terbilang cukup muda dalam memimpin partai, Sudaryono menegaskan bahwa keputusan tersebut merupakan wujud nyata dari Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam menciptakan regenerasi kepemimpinan serta menyiapkan pemimpin-pemimpin muda untuk masa depan bangsa Indonesia .

“Ini adalah langkah Pak Prabowo dalam menciptakan regenerasi kepemimpinan untuk bangsa dan negara kedepan, terutama dalam menggerakkan mesin partai untuk berlari lebih cepat, apalagi ini sudah memasuki masa pemilu,” Imbuhnya.

Dalam melakukan gebrakan kedepan, pria berusia 38 tahun itu akan berkeliling ke 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah untuk berkonsolidasi dengan ketua-ketua serta kader Partai Gerindra dalam rangka penguatan mesin partai dan memenangkan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia pada pemilu 2024 mendatang.

“Kami akan keliling ke 35 kabupaten/kota untuk menyapa dan mengkonsolidasikan semagat perjuangan bersama dengan seluruh Ketua dan kader Partai Gerindra se-Jawa Tengah demi kemenangan Partai Gerindra dan Pak Prabowo Subianto sebagai Presiden Indonesia, mohon doa dan dukungannya,” Pungkas Sudaryono.

Pengusaha Muda Ketua APPSI

Sudaryono atau pria yang akrab disapa Mas Dar itu lahir di Grobogan, Jawa Tengah pada 23 Januari 1985. Sudaryono merupakan pengusaha dan aktivis muda yang juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Periode 2021-2026.

Sudaryono terpilih sebagai Ketua Umum DPP APPSI pada Munas IV yang berlangsung di Sibolangit, Sumatera Utara, Agustus 2021 lalu. APPSI merupakan organisasi yang menghimpun pedagang pasar yang juga pernah dipimpin oleh Prabowo Subianto.

Sebagai penerus Prabowo Subianto di APPSI, Sudaryono banyak memperjuangkan cita-cita Ketua Umum Partai Gerindra tersebut. Dalam beberapa kesempatan, Sudaryono tampak aktif melakukan kunjungan ke sejumlah pasar se-Indonesia. Ia banyak berdialog dengan pedagang pasar dan meninjau rantai distribusi pangan untuk menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat.

Terlahir sebagai anak petani, ia memahami bahwa satu-satunya cara untuk memiliki masa depan yang lebih baik adalah melalui pendidikan. Bahkan, saat ini ia Tengah menyelesaikan pendidikan S3 doktoralnya di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Semasa sekolah, Sudaryono kerap mendapatkan banyak prestasi. Menjadi yang terbaik di kelasnya, Sudaryono mendapat beasiswa di SMA Taruna Nusantara sebagai salah satu perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah.

Rasa percaya diri dan kompetensinya berbuah manis, setelah lulus, anak lelaki satu-satunya ini mendapatkan beasiswa di Akademi Pertahanan Nasional Jepang (National Defense Academy of Japan, Yokosuka) selama 5 tahun.

Disana, ia memperoleh disiplin militer, pengetahuan dan pengalaman tentang budaya Jepang, kualitas kepemimpinan, dan memperluas pandangan dunianya secara global. Sekembalinya ke Indonesia, Sudaryono bergabung dengan Prabowo Subianto sebagai asisten pribadi dan CEO di Nusantara Energy.

Tidak sampai di situ, dengan jiwa kepemimpinan dan wawasan global yang telah ia pelajari selama ini, dan selain memimpin APPSI, Sudaryono juga mendapatkan mandat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra serta menjadi Ketua Dewan Pembina Sayap Partai Gerindra yakni DPP Pedagang Pejuang Indonesia Raya (PAPERA). (*)

Ajie MH.