in

Ribuan Petani Kumpul di Semarang Minta Sudaryono Maju Gubernur Jateng

SEMARANG (jatengtoday.com) – Ribuan petani se-Indonesia mendaulat Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, menjadi Ketua Umum Tani Merdeka. Pengangkatan Sudaryono sebagai Ketua Umum Tani Merdeka diputuskan dalam Kongres Tani Merdeka I di Semarang.

Selain mendaulat sebagai Ketua Umum Tani Merdeka, mereka juga mendeklarasikan dukungan terhadap Mas Dar, sapaan akrab Sudaryono, untuk maju sebagai Calon Gubernur dalam Pilkada Jateng 2024.

“Kami siap mendukung dan memenangkan Bapak Sudaryono sebagai Gubernur Jateng. Surat pernyataan ini untuk bisa diberikan rekomendasi Bapak Sudaryono sebagai Calon Gubernur Jateng,” kata Ainurrohim selaku Ketua DPD Tani Merdeka Jateng saat memimpin deklarasi dukungan Tani Merdeka kepada Sudaryono, Semarang, Jateng, Minggu (30/6/2024).

Don Muzakir yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum Tani Merdeka menyatakan Sudaryono merupakan sosok yang sangat pantas menjadi pemimpin bagi kaum tani.

“Setelah kemarin kita memenangkan Pak Prabowo, hari ini, kita siap memenangkan Mas Dar sebagai Calon Gubernur Jateng. Mari kita jadikan organisasi ini sebagai tempat perjuangan kita, jangan jadi tempat permusuhan. Saatnya kaum tani, buruh tani bangkit,” kata Don Muzakir seraya disambut seruan Sadaryono Gubernur dari para peserta Kongres Tani Merdeka.

Adapun Kongres Tani Merdeka I yang digelar pada 29 hingga 30 Juni 2024 ini dihadiri 1800 peserta dari para pengurus DPD Tani Merdeka se-Indonesia dan 35 DPC Tani Merdeka se-Jateng.

Sudaryono yang hadir dalam kongres itu mengungkapkan perasaan haru ketika mendapat kepercayaan dari petani-petani se-Indonesia untuk memimpin Tani Merdeka.

“Saya terharu sekali ternyata organisasi yang kita inisiasi selama ini, kita dirikan atas dasar cita-cita, bisa terwujud melakanakan kongres dan dihadiri seluruh Korcab se-Jateng ditambah 38 DPD se-Indonesia,” jelas Sudaryono.

Selanjutnya, Sudaryono mengajak kepada kader-kader Tani Merdeka untuk bahu membahu bekerjasama meningkatkan kesejahteraan kaum tani di Indonesia. Tak hanya itu, ia menegaskan Tani Merdeka akan mengawal kebijakan Presiden terpilih, Prabowo Subianto, terkait program-program pertanian di Tanah Air.

“Saya selaku Ketua Umum meminta kepada saudara-saudara semuanya untuk saling bahu membahu bekerjasama untuk kebaikan organisasi dan anggota kita. Kita harus jaga cita-cita Tani Merdeka menjadi mitra pemerintah ikut membantu ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahtetaan petani,” tegas Sudaryono.

Dalam jangka pendek, Sudaryono, menegaskan akan mengirim hingga 100 orang kader Tani Merdeka ke Atambua, Nusa Tenggara Timur, selama 12 hari. Mereka diberi tugas mengikuti pelatihan sebagai Training of Trainer pengolahan pupuk organik.

“Sehingga kebutuhan pupuk nanti berkurang dengan hasil capaian pangan yang lebihbaik. Kita biayai semua, cukup mereka fokus belajar bagaimana memproduksi pupuk,” jelas Sudaryono.

Selain itu, Sudaryono juga menyatakan akan menggalakkan program intensivikasi lahan. Program ini bertujuan memberdayakan lahan-lahan kosong menjadi lahan produktif.

“Misal ada tanah tadah hujan yang sangat luas, maka Tani Merdeka bisa diusulkan program pompanisasi untuk mengairi sawah. Sehingga tanah tadah hujan bisa ditanami dan paben tiga kali dalam setahun,” tegas Sudaryono.

Terkait deklarasi dukungan sebagai Calon Gubernur Jateng dari Tani Merdeka, Sudaryono, menyatakan siap menjaga amanah mereka untuk memimpin Jateng menjadi provinsi yang maju dan mapan.

“Itu aspirasi yang harus saya jaga. Kalau mereka menghendaki saya maju, saya jawab akan gaspoll,” terang Sudaryono. (*)

Ajie MH.