in

Jateng Ajukan Tuan Rumah POMNAS XIX Tahun 2025

Kadisporapar Jawa Tengah Agung Hariyadi (berdiri tengah) bersama tim sepak takraw Jateng pada POMNAS 2023 di Banjarmasin. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Jawa Tengah mengajukan diri sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XIX tahun 2025 mendatang. Saat ini pengajuan sebagai tuan rumah masih menunggu Surat Keputusan Penetapan dari (Badan Pembinaan Olahraga Mahasiswa Indonesia) BAPOMI Pusat.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah Agung Hariyadi mengatakan, Jawa Tengah mengajukan diri karena mempunyai fasilitas olahraga yang lengkap didukung infrastruktur lain serta sumber daya manusia yang mumpuni.

“Kita juga punya pengalaman menggelar ajang multievent baik nasional maupun internasional seperti Popnas dan ASEAN School Games yang semuanya berlangsung sukses,” ujarnya.

Agung yakin, penyelenggaraan POMNAS tahun 2025 mendatang akan sukses terselenggara di Jawa Tengah. “Selain itu prestasi Jateng di POMNAS selama ini cukup stabil bahkan meningkat. Dua penyelenggaraan terakhir Jateng mampu menjadi runner up, sebelumnya peringkat tiga. Jadi Jateng layak menjadi tuan rumah POMNAS,” papar Agung.

Jawa Tengah dalam ajang POMNAS XVIII 2023 di Kalsel, masih mempertahankan posisi ke dua seperti yang diraih di POMNAS XVII 2022 di Sumbar. Dengan kekuatan atlet 209 orang berlaga 16 Cabang olahraga Jateng memperoleh medali Emas sebanyak 34, Perak 42 dan Perunggu 39 dengan total 115 medali. Hal ini terjadi peningkatan perolehan medali dibanding POMNAS XVII Sumbar 2022 sebesar 29,2 %, yaitu 28 Emas, 23 Perak dan 38 Perunggu total 89 medali.

Cabang olahraga peraih medali emas yaitu Atletik, Bridge, Pencak silat, Bulutangkis, Catur, Gulat, Karate, Panjat tebing, Renang, Sepak Takraw, Taekwondo, Tenis Lapangan, dan Voli Pasir.

“Dengan menjadi tuan rumah, semoga pada POMNAS 2025 nanti diharapkan menjadi motivasi untuk menjadi yang terbaik dalam mencapai prestasi maupun penyelenggaraan,” tandasnya. (*)

Ajie MH.