in

Jalan Tol Bawen-Jogja Dipastikan Tak Lewati Candi Borobudur

SEMARANG (jatengtoday.com) – Rute tol Bawen-Jogjakarta dipastikan tidak melewati Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. Meski begitu, akan disiapkan exit tol yang mengarah ke salah satu destinasi wisata heritage tersebut.

Kepala Bappeda Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko menjelaskan, saat ini progres jalan tol Bawen-Jogjakarta sudah masuk tahap lelang.

“Sekarang sudah masuk tender. Nasional sudah menenderkan untuk tol Bawen-Jogjakarta, dan lewatnya juga sudah jelas trassenya. Melalui mana, sudah ada study trassingnya dengan baik. Tol itu kan tidak turun di sembarang tempat, yang terpenting ada interchangenya. Interchange tetap di Palbapang, pertigaan Borobudur dan Muntilan. Jadi, kurang lebih sekitar hampir satu kilometer menuju Borobudur,” jelasnya, Sabtu (12/1/2019).

Dijelaskan, pengembangan aksesbilitas Jateng-DIJ tak hanya mengandalkan jalan tol saja. Seperti usulan dari DPRD Jateng, akan ada reaktivasi rel kereta api. Bahkan, tidak menutup kemungkinan ada jalur kereta api menuju Borobudur.

“Jadi, nanti ada kereta api dari Kedungjati-Ambarawa-Magelang-Yogyakarta. Ini tentu sangat bagus bagi perkembangan pariwisata di Jateng,” ujarnya.

Diberitkan sebelumnya, PT KAI akan menghidupkan jalur sepanjang 121 kilometer dari Ambarawa ke Yogyakarta. Dari 121 kilometer itu, sekira 42 kilometernya merupakan jalur rel kereta api lama dan sisanya adalah jalur baru. Termasuk, beberapa stasiun lama juga ada yang direvitalisasi. Diantaranya adalah Stasiun Kedungjati, Tuntang, Ambarawa dan Bedono. (*)

editor : ricky fitriyanto