in

Jaga Tetap Zona Hijau, Sebar Seribu Masker dan Face Shield di Karimunjawa

SEMARANG (jatengtoday.com) – Sebanyak seribu masker dan face shield disebarkan untuk para pelaku wisata di Karimunjawa. Bantuan yang didistribusikan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng ini untuk menjaga kawasan Karimunjawa tetap terbebas dari Covid-19.

Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng N Rachmadi menuturkan, kawasan wisata Karimunjawa baru dibuka Jumat (16/10/2020) dengan jumlah wisatawan yang dibatasi. Bantuan alat pelindung diri (APD) tersebut sudah diberikan di hari pertama reaktivasi wisata Karimunjawa.

“Kami berharap dengan reaktivasi pariwisata, Karimunjawa dapat berjalan dengan tertib, sehingga zona hijau di Karimunjawa tetap terjaga,” ujarnya, Senin (19/10/2020).

Selain pemberian masker dan face shield, pihaknya juga memberi izin penggunaan TIC Karimunjawa sebagai sekretariat sementara, bagi relawan pengawasan protokol kesehatan.

Tahap selanjutnya juga akan disalurkan bantuan protokol kesehatan menggunakan Dana Insentif Daerah (DID). Dana tersebut merupakan reward bagi pemenang lomba inovasi daerah pada masa adaptasi kebiasaan baru, yang digelar Kemendagri.

“Kami juga mendorong citizen journalism sebagai peran serta masyarakat atau netizen, untuk mengawasi protokol kesehatan dalam reaktivasi wisata Karimunjawa,” jelasnya.

Dengan citizen journalism, dia berharap partisipasi masyarakat mengawal dibukanya destinasi wisata Karimunjawa sesuai dengan protokol kesehatan. Mulai dari wajib masker, cuci tangan dengan sabun, hingga menjaga jarak atau menghindari kerumunan. Sehingga masyarakat juga menjadi trigger motivasi bagi destinasi lainnya.

“Kalau ditemukan pelanggaran dapat ditindaklanjuti atau diperbaiki, dan jika dipandang perlu dihentikan sementara guna evaluasi,” tandasnya. (*)

editor: ricky fitriyanto