in

Begini Cara MTsN 3 Cilacap Ajarkan Kepemimpinan Sejak Dini

Tahun ini, MTsN 3 Cilacap mengadakan LDK pada Selasa-Kamis, 21-23 Februari 2023.

 

BANYAK cara dilakukan sebuah madrasah dalam mendidik muridnya agar kelak menjadi pemimpin idaman. Hal ini dilakukan pula oleh MTsN 3 Cilacap, sebuah madrasah yang mendidik 828 peserta didik pada tahun pelajaran 2022/ 2023. MTsN 3 Cilacap yang berada di Desa Kawunganten Lor Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap ini memiliki cara khusus dalam mengajarkan materi kepemimpinan.

Menurut Ali Nurdin, Kepala MTsN 3 Cilacap, salah satu cara yang dilakukan madrasahnya adalah dengan mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Tahun ini, MTsN 3 Cilacap mengadakan LDK pada Selasa-Kamis, 21-23 Februari 2023.

“Ini merupakan program rutin yang bermanfaat mengajarkan kepemimpinan sejak dini pada peserta didik di madrasah,” katanya.

Dari 828 peserta didik, terdapat 106 anak yang berkesempatan mengikuti LDK. Sejumlah 40 anak terdiri dari peserta didik kelas 7, peserta didik kelas 8 sebanyak 56 anak, dan panitia 10 anak, sehingga total ada 106 anak yang berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut.

Materi yang diberikan pada LDK di antaranya: Kepemimpinan, Palang Merah Remaja, Dinamika Group, Keorganisasian, Patroli Keamanan Madrasah, Bahaya Narkoba, Administrasi dan Kesekretariatan, Pramuka, Problem Solving dan Rohani Islam atau Kegiatan Keagamaan.

“Kami berharap melalui kegiatan ini akan tercipta pemimpin-pemimpin yang baik, agar MTsN 3 Cilacap lebih maju, terutama dalam kegiatan organisasi di madrasah, baik OSIM, PMR, PKM dan Pramuka,” ujar pembina OSIM, Mukhtashor. (*)

 

Hasmi Fidiyarti