in

Ini Deretan Nama yang Dilirik Musra Indonesia untuk Pilpres 2024

Musra diadakan oleh 17 organisasi pendukung Presiden Joko Widodo.

SEMARANG (jatengtoday.com) – Sejumlah nama tokoh nasional telah dikantongi untuk dibawa ke Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia yang digelar di Balairung Astina Hall, UTC Hotel, Jalan Kelud Raya Nomor 2, Kota Semarang, Sabtu (3/2/2023) besok.

Nama-nama itu merupakan kandidat yang digadang-gadang bakal meramaikan bursa Pilpres 2024 mendatang. Seperti Ganjar Pranowo, Prabowo, hingga Airlangga Hartarto.

Ketua Panitia Nasional Musra Indonesia, Panel Barus menjelaskan, Musra ke XVII ini bagian dari agenda nasional Musra Indonesia setelah sebelumnya di laksanakan di Yogjakarta (29/1/2023) kemarin yang dihadiri 6 ribu orang. Nantinya, Musra di Semarang ini menjadi ajang persaingan seru antara beberapa tokoh yang dijagokan sebagai Capres dan Cawapres 2024.

“Musra menjadi miniatur pemilu di daerah-daerah. Makanya ini undangan bagi semua warga ber KTP Jateng bisa merapat untuk membicarakan pemimpin yang ideal kedepan. Dalam pelaksanaannya tidak menutup kemungkinan ada gerakan atau mobilisasi pendukung calon. Tapi itu kami sahkan. Tidak dilarang dalam mekanisme Musra,”katanya di Semarang, Jumat (3/2/2024).

Dikatakan, pelaksanaan Musra semakin ke banyak daerah semakin hangat pembicaraan dalam diskusi. Seperti di Jogjakarta dari target seribu orang justru yang hadri mencapai 4 ribu orang.

“Kita ingin persoalan di bawah yang dibawa masyarakat disampaikan untuk menjadi persoalan Negara yang nantinya kita rekam dan dijadikan rekomendasi bagi pemimpin kedepan. Jika rakyat berkehendak maka Musra akan melahirkan sosok pemimpin kedepannya melanjutkan Presiden kita saat ini,” bebernya.

Dari penyelenggaraan Musra sebelumnya, ada beberapa nama yang muncul teratas dari permintaan masyarakat didaerah. Mengingat sudah dilaksanakan di 16 provinsi se Indonesia.

“Ganjar menang di 4 daerah, Airlangga juga di 4 daerah, Prabowo namanya muncul teratas di 4 daerah ada pula Jokowi yang teratas di dua lokasi, yakni di Jabar dan NTT. Ada pula Sandiaga Uno di Riau mendapat urutan teratas,” terangnya.

Digelar di Hongkong

Musra juga digelar di luarnegeri, yang sudah terlaksanaka di Hongkong yang diikuti para WNI yang bekerja di luarnegeri.

“Mereka berinisiatif menggelar Musra dengan namun kita berikan pendampingan. Kami menargetkan 80 daerah se Indonesia digelar Musra Indonesia Ini dengan target selesai diakhiri di Jakarta, sebelum ada sesudah ramadhan. Nanti di Jakarta kita serahkan rekomendasi ke Presiden RI Joko Widodo hasil Musra ini,” sebut Panel.

Seperti halnya perhelatan pemilu atau pilkada, ada peran KPU, kontestan, pendukung, bahkan tim sukses yang bersemangat memenangkan jagoan masing-masing.

Panitia Nasional Musra yang berperan sebagai penyelenggara dan masyarakat sebagai pengawasnya. Musra diadakan oleh 17 organisasi pendukung Presiden Joko Widodo.

Musra akan berlanjut di Medan dan sejumlah provinsi lainnya setelah tuntas di Semarang. Rangkaian Musra yang telah dimulai sejak Agustus 2022 di Bandung dijadwalkan berakhir pada Maret dan akan ditutup di Jakarta.

Ketua Panitia daerah Musra Indonesia di Jateng, Pramono menambahkan, rencananya kegiatan itu akan diikuti 8 ribu warga se Jateng. Ia menyebut antusias masyarakat cukup tinggi menanti kegiatan Musra di Jateng.

“Ini ajang menentukan pemimpin bangsa kedepan. Sehingga tidak hanya duduk manis saja diberikan sesuatu untuk datang ke TPS. Musra ini forum masyrakat dalam menentukan Votingnya nanti. Kegiatan ini rencananya di buka Pak Ganjar,” tandansya. (*)

Ajie MH.