in

Indonesia Ditekuk Irak 1-3, Shin Tae-yong Tetap Puas dengan Skuad Garuda

Seusai menghadapi Irak, Indonesia akan bertemu dengan Vietnam di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (19/1) mendatang.

Marselino Ferdinan mencetak satu-satunya gol saat Indonesia takluk 1-3 dari Irak pada laga perdana Piala Asia 2023, Senin (15/1/2024). (foto: dokumentasi PSSI)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong tetap memuji permainan skuad Garuda meski harus menyerah dari Irak dengan skor 1-3. Indonesia langsung mengalihkan fokus menghadapi Vietnam.

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Irak pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al-Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam WIB. Gol-gol Mohanad Ali (17′), Osama Rashid (45+7′) dan Aymen Hussein (75′) hanya bisa dibalas Marselino Ferdinan di menit 37.

“Pertama-tama, selamat untuk tim Irak yang menang dalam laga ini. Meski begitu, timnas Indonesia menunjukkan perjuangan terbaik, dan performa yang bagus di laga ini,” kata Shin Tae-yong di laman resmi PSSI.

Pelatih asal Korea Selatan itu mempertanyakan dengan keputusan wasit yang mengesahkan gol kedua Irak yang dicetak oleh Osamah Rashid. Menurutnya, pemain Irak lainnya yakni Mohanad Ali sudah ada dalam posisi offside sebelum terjadinya gol.

“Saya tidak tahu mengapa gol kedua tidak dianggap offside. Itu 100 persen offside, jika ini adalah benar keputusan yang salah dari wasit, kami menyayangkan itu, apalagi terjadi di momen penting,” tambahnya.

Seusai menghadapi Irak, Indonesia akan bertemu dengan Vietnam di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (19/1) mendatang. Kemenangan wajib didapat jika ingin menjaga asa lolos ke babak 16 besar. (*)

Tri Wuryono