in

Hasil Swab Test di Mal Paragon Keluar, 100 Sampel Dinyatakan Negatif

SEMARANG (jatengtoday.com) – Hasil swab test terhadap ratusan pengunjung di Mal Paragon Semarang akhirnya keluar. Semua sampel spesimen yang berjumlah 100 orang tersebut dinyatakan negatif dari Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang M Abdul Hakam. “Iya, benar. Semua negatif,” ujarnya, Rabu (27/5/2020).

Tingkat akurasi hasil swab test dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan rapid test. Sebab, dalam swab test dilakukan pengambilan sampel lendir di saluran pernapasan, kemudian diuji laboratorium.

Karena itulah proses uji swab test ini membutuhkan waktu yang lebih lama. Untuk tes di Mal Paragon sendiri baru keluar 7 hari pasca swab test.

Sebelumnya, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan proses uji laboratorium sampel swab test di Mal Paragon sempat tersendat lantaran antreannya cukup panjang.

Hendi-panggilan akrab Hendrar menegaskan, jika saja di lokasi unit usaha tersebut ada yang positif Covid-19, maka akan disterilkan. Selama satu minggu dilakukan penyemprotan disinfektan.

Sementara orang yang positif akan di rawat, kemudian dilakukan pelacakan atau tracking terhadap yang bersangkutan.

Sebelumnya petugas gabungan melakukan swab test di Mal Paragon, Rabu (20/5/2020). Tes diikuti 100 orang yang terdiri dari karyawan, pedagang, hingga pengunjung yang dipilih secara acak.

Orang yang di swab test secara gratis tersebut diminta menunjukkan KTP serta nomor telepon untuk dilakukan pendataan dan follow up. (*)

 

editor: ricky fitriyanto