in

Dukung Advokasi Program Bangga Kencana, Dinpermades P2KB Demak Gelar Rakor PKB/ PLKB

Sejumlah Penyuluh KB turut diberikan sanksi pembuatan surat pernyataan agar ke depannya lebih tertib dan mematuhi aturan PDH yang tertuang dalam Peraturan Bupati Demak.

DEMAK (jatengtoday.com) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinpermades P2KB) menggelar Rapat Koordinasi PKB/PLKB se-Kabupaten Demak.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Wakil Bupati Demak ini sekaligus ditujukan sebagai dukungan terhadap Advokasi Program Bangga Kencana di tingkat Kabupaten Demak.

Pertemuan rutin yang diampu oleh Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan (P2PP) ini beragendakan tiga hal. Meliputi penyampaian hasil monitoring dan evaluasi dari 3 sub koordinator, serta evaluasi khusus capaian program KB sampai dengan bulan September 2022.

“Kegiatan ini diikuti oleh PKB/PLKB dari 14 kecamatan di wilayah Kabupaten Demak ini. Maka ikuti kegiatan sebaik baiknya, apalagi ada bonus pelatihan jurnalistik dari praktisi sekaligus Jurnalis Senior Radar Semarang dan Jawa Pos, sebagai upaya peningkatan kualitas konten KIE pemberitaan dan promosi Program Bangga Kencana,” kata Kepala Bidang P2PP Sukardjo, SKM, M.Kes saat membuka acara.

Dalam kegiatan ini, Amiruddien, SIP Sub Koordinator Penggerakan dan Pendayagunaan PLKB dan Kader, menyampaikan evaluasi terkait ketertiban pakaian dinas harian (PDH) beserta atribut pelengkapnya.

Dalam kesempatan ini sejumlah Penyuluh KB turut diberikan sanksi pembuatan surat pernyataan agar ke depannya lebih tertib dan mematuhi aturan PDH yang tertuang dalam Peraturan Bupati Demak.

Kemudian Sub Koordinator Advokasi, KIE dan Penggerakan Drs. Ahlam Kamal, MM, mengapresiasi kontribusi PKB/PLKB dalam pelaporan kegiatan program, baik dari Bidang P2PP sendiri maupun dari Bidang KBK dan KK.

Terakhir, Sub Koordinator Pengendalian Penduduk dan Informasi Keluarga (Dalduk & Iga) Drs.Adi Susanto, MH, menyampaikan evaluasi capaian Program KB dari 14 kecamatan. Meliputi Capaian Peserta KB Baru (PB) dan Capaian Peserta KB Aktif (PA) MKJP dan Non MKJP, serta persentase kebutuhan KB yang tidak terpenuhi (Unmet Need) sampai dengan bulan September 2022.

Selain itu, turut dievaluasi progres Pendataan Keluarga 2022 (PK22), dimana beberapa Kecamatan masih menunjukkan capaian yang minim.

“Dengan telah  berakhirnya gelaran Pilkades di masing- masing kecamatan, tak ada alasan lagi untuk menunda proses PK22. Seluruh PKB/PLKB dihimbau untuk gas pol-rem blong untuk mengejar target program PK22,” tandas Sukardjo.

Sebagai penutup jalannya kegiatan, para peserta rakor mendapat pelatihan dasar-dasar jurnalistik dari Jurnalis senior Radar Semarang serta evaluasi dari konten berita yang telah dimuat selama ini, diantaranya yaitu masih adanya kekurangan dalam kelengkapan unsur informasi 5W+1H dan nama pejabat atau narasumber kegiatan yang terkadang tak dicantumkan.

“Tentunya kami sangat berterimaksih atas kontribusi PKB/PLKB yang turut mempublikasikan berbagai kegiatan Program Bangga Kencana di lingkungan Dinpermades P2KB Kabupaten Demak,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *