in

Donor Darah Porinti Semarang Banjir Doorprize, Panitia Siapkan Angpau hingga Emas

Kegiatan donor darah ini diadakan dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2022.

Ketua Porinti Semarang dan Sekda Kota Semarang (berbaju batik) foto bersama perwakilan peserta donor darah yang mendapat hadiah emas dan alat elektronik. (baihaqi/jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Perserikatan Organisasi Indonesia Tionghoa (Porinti) Semarang menggelar donor darah di Tentrem Mall, Sabtu (8/1/2022). Dalam acara itu panitia menyediakan banyak hadiah.

Salah satu peserta donor dari Kelurahan Gayamsari, Denok Yustiani mendapat hadiah emas setengah gram. Dia tidak menyangka karena awalnya hanya berniat mendonorkan darah.

“Seneng banget ini. Saya seumur hidup baru pertama kali donor darah, ini malah langsung dapat doorprize emas,” ucap Denok dengan wajah semringah.

Selain Denok terdapat lima orang lain yang mendapat emas. Ada pula yang membawa pulang alat-alat elektronik seperti dispenser, kipas angin, kompor, setrika, sound system, dan masih banyak hadiah lainnya.

Peserta dari Kelurahan Mijen, Ficka Andria Pratama mengaku senang lantaran mendapat hadiah kipas angin 12 in. “Kalau banyak doorprize gini jadi tambah semangat donor darah,” ujarnya.

Ketua Umum Porinti Semarang Setiawan Santoso berterima kasih kepada semua pihak yang turut terlibat dalam kegiatan ini, termasuk masyarakat yang telah bersedia untuk donor darah.

“Hari ini Anda meluangkan waktu, sukarela mendonorkan darah yang tentunya sangat berharga. Ini tindakan manusiawi yang patut diapresiasi,” kata Setiawan.

Dia membenarkan bahwa pihak panitia menyediakan berbagai doorprize, mulai dari angpau, alat-alat elektronik, hingga emas untuk orang yang beruntung. Bahkan, semua peserta donor darah diberi paket sembako.

“Namun itu semua tidak dapat memenuhi rasa terima kasih kami kepada para peserta donor,” ujar Setiawan.

Sambut Imlek

Masyarakat sedang mengikuti donor darah yang digelar Porinti Semarang di Tentrem Mall. (baihaqi/jatengtoday.com)


Setiawan menjelaskan, kegiatan donor darah ini diadakan dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2022. Sebenarnya aksi sosial tersebut digelar rutin setiap tahun, tetapi pada 2021 ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

Karena saat ini kasus Covid-19 di Kota Semarang sudah mulai melandai, Porinti akhirnya bisa kembali melaksanakan donor darah, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Semua peserta donor diwajibkan memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan demi memutus mata rantai penularan Covid-19.

Kata Setiawan, penyelenggara donor darah tahun ini semuanya anak-anak muda Tionghoa yang tergabung dalam Youth Porinti Semarang. Donor darah semakin meriah karena diselingi atraksi barongsai.

Sesuai koordinasi dengan PMI, target kegiatan ini bisa memperoleh 200 kantong darah. Namun, melihat antusias pesertanya sangat memungkinkan untuk melebihi target.

Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminuddin mengapresiasi kegiatan kemanusiaan tersebut. Menurutnya, stok kantong darah senantiasa dibutuhkan, apalagi di masa pandemi.

Lebih jauh, Iswar menilai, kegiatan yang diinisiasi Porinti dengan menggandeng berbagai pihak mempunyai makna kebersamaan.

“Dengan kebersamaan ini kami berharap bisa bersama-sama mewujudkan Kota Semarang yang semakin baik, semakin yang semakin hebat,” tegas Iswar saat meninjau langsung acara donor darah. (*)

editor : tri wuryono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *