in

Dishub Fokus Revitalisasi 24 Terminal Tipe B

SEMARANG (jatengtoday.com) – Kepala Dishub Jateng, Satriyo Hidayat menjelaskan, revitalisasi dilakukan secara bertahap karena keterbatasan anggaran. Terminal dengan frekuensi jumlah bus yang keluar-masuk banyak menjadi prioritas. Terminal-terminal itu adalah Temanggung, Banjarnegara, Purbalingga, Penggaron, Blora, dan Purwodadi.

Saat ini tahapan yang dilakukan adalah memperbaiki landasan dan kebersihan serta meningkatkan pelayanannya. ”Kalau untuk anggaran, Penggaron saja Rp 1 miliar lebih,” jelasnya, Minggu (21/10/2018).

Terminal yang direvitalisasi, lanjutnya, juga berada di titik-titik strategis di wilayah masing-masing. Seperti Terminal Penggaron yang menjadi sentral karena Terminal Terboyo dialihfungsikan sebagai terminal barang. Terminal Penggaron juga berdekatan dengan pusat perbelanjaan.

Sementara itu, anggota Komisi D DPRD Jateng Moch Ichwan mengatakan untuk merevitalisasi terminal perlu dilakukan pemetaan lebih dulu. Terminal yang ramai menjadi prioritas dan dilakukan peningkatan pelayanannya. Jika di satu wilayah ada lebih dari satu terminal dan tak terlalu ramai, maka bisa saja di-merger.

“Revitalisasi ini diperlukan. DPRD siap mendukung dari sisi pendanaannya,” tegasnya.

Pengamat Transportasi Undip Bambang Riyanto menyarankan agar dilakukan peningkatan pelayanan untuk menarik kembali penumpang transportasi massal. Selain itu ide-ide kreatif juga harus diterapkan. “Salah satunya bus dengan tempat tidur sehingga penumpang tidak merasa capek,” bebernya. (*)

editor : ricky fitriyanto