in

Dapat Panggilan Timnas, Dua Pemain PSIS Malah Cedera

Pelatih Shin Tae-yong memanggil 23 pemain di pemusatan latihan (TC) tim U-23 Indonesia sebagai persiapan mengikuti Piala AFF U-23 2023.

Pemain PSIS Alfeandra Dewangga mendapat tekel dari bek Arema, Mikael Tata pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Jatidiri, Rabu (9/8/2023). (foto: jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Dua pemain PSIS Semarang, Adi Satryo dan Alfeandra Dewangga harus dilarikan ke rumah sakit dan mendapat perawatan lebih lanjut pasca-pertandingan menghadapi Arema FC di Stadion Jatidiri, Rabu (9/8). Padahal mereka mendapat panggilan untuk mengikuti TC Timnas U-23.

Dokter tim PSIS, Radityo Haryo Yudhanto mengatakan, Adi Satryo mengalami masalah pada pencernaan dan sudah merasakan sebelum dan pada saat pertandingan berlangsung.

“Adi mengalami masalah di pencernaan sakit diare dan muntah. Sebelum pertandingan sudah tidak enak badan dan dipaksa untuk main dan saat pertandingan pun dia juga sudah mengeluh namun Alhamdulillah tetap bisa tampil full 90 menit,” tutur Radit dalam keterangan resmi klub, Kamis (10/8/2023).

“Setelah itu kami bawa di klinik untuk ditangani lebih lanjut untuk diinfus dan diobservasi. Setelah ini kami check ada Demam Berdarah atau tipes di laboratorium terkait adanya penurunan trambosit atau tidak,” lanjutnya.

Sementara Dewangga mengalami cedera pada hamstring. Pemain 22 tahun itu tidak bisa menyelesaikan pertandingan dan harus ditarik keluar di menit ke-82.

“Untuk Dewangga ada nyeri pada paha belakang sama betis atas dekat dengan lutut. Sebenarnya sudah lama tapi kemarin kambuh lagi dan kena tackle. Semalam sudah dibawa ke rumah sakit memang ada spesifik injury. Dari analisis awal ada masalah di hamstring, jika tidak membaik dalam waktu dekat akan dilakukan MRI,” tandas Radit.

Terkait pemanggilan timnas, CEO PSIS Yoyok Sukawi menegaskan bahwa pihak klub tidak pernah menghalangi pemainnya jika untuk kepentingan nasional. Namun demikian, ada hal-hal khusus yang menjadi pertimbangan selanjutnya.

“Pada dasarnya, kami sangat support dan mendukung apabila ada pemain dipanggil Timnas. Dari dulu kita tidak pernah menghalangi,” ujarnya.

“Saat ini Adi sakit dan sudah dapat pemeriksaan lanjutan sehingga dia harus benar-benar istirahat dalam beberapa hari ke depan. Untuk Dewangga, kami akan tetap berangkatkan ke Jakarta supaya dokter Timnas juga bantu check kondisinya seperti apa,” kata Yoyok Sukawi.

Seperti diketahui, pelatih Shin Tae-yong memanggil 23 pemain di pemusatan latihan (TC) tim U-23 Indonesia sebagai persiapan mengikuti Piala AFF U-23 2023.

Piala AFF U-23 2023 akan berlangsung di Thailand pada 17-26 Agustus. Indonesia berada di Grup B bersama Timor Leste, dan Malaysia. (*)

Tri Wuryono