in

Cek Pelayanan Tatap Muka BPJS Kesehatan saat Ramadan

Dengan dibukanya layanan tatap muka maupun nontatap muka, diharapkan masyarakat bisa mengakses layanan administrasi kepesertaan secara mandiri.

BPJS Keaehatan Cabang Semarang. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) – BPJS Kesehatan Cabang Semarang tetap melaksanakan pelayanan tatap muka dengan jam operasional yang lebih singkat pada bulan Ramadan, yaitu dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB setiap hari Senin-Jumat.

Terbatasnya waktu pelayanan tersebut dipastikan tidak menyurutkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Andi Ashar mengatakan, selain pelayanan tatap muka, peserta JKN-KIS juga tetap bisa mengakses pelayanan non tatap muka BPJS Kesehatan.

Untuk pengurusan administrasi kepesertaan, peserta JKN-KIS dapat mengakses CHIKA, Care Center 165, Pandawa ataupun Aplikasi Mobile JKN. Khusus untuk Pandawa dapat diakses di nomor 08118165165.

“Melalui kanal-kanal tersebut peserta dapat mengurus administrasi pendaftaran baru dan penambahan serta pengurangan anggota keluarga, perubahan segmen kepesertaan, perubahan data kepesertaan, pengaktifan kembali kartu, perubahan FKTP sampai dengan perubahan kelas rawat,” katanya, Senin (18/4/2022).

Dia menjelaskan, dengan dibukanya layanan tatap muka maupun nontatap muka, diharapkan masyarakat bisa mengakses layanan administrasi kepesertaan secara mandiri. Masyarakat bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke kantor cabang ataupun kantor kabupaten.

“Pelayanan kepesertaan melalui PANDAWA ini sudah kami jalankan sejak awal pandemi, dan di bulan Ramadhan ini kami ingin selalu memberikan kemudahan pelayanan peserta JKN-KIS. Peserta bisa dapat beribadah dengan tenang, dan kartu JKN-KISnya tetap dapat digunakan,” tutur Andi.

Pendaftaran dan penambahan peserta baru dan bayi baru lahir, perubahan segmen kepesertaan, data identitas peserta, data golongan dan gaji peserta, penggantian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), pengaktifan kembali peserta, perbaikan data PBI, serta penonaktifan peserta meninggal dapat diakses oleh masyarakat sesuai jam operasional melalui WhatsApp di nomor 081229456210.

Andi menambahkan, meski dialihkannya berbagai pelayanan kepesertaan melalui gawai, selama bulan Ramadhan peserta bisa tetap berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus kepesertaan JKN-KIS. Bagi peserta JKN-KIS yang langsung datang ke kantor tidak perlu khawatir, karena BPJS Kesehatan Cabang Semarang mengutamakan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Ditemui terpisah, Aminah sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), mengungkapkan dirinya merasa puas saat mendapat pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Semarang bahkan ia juga menyadari jika di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Semarang saat ini juga dibuka layanan vaksinasi booster covid-19.

“Pelayanan tatap muka di kantor ini sudah sangat nyaman, tidak begitu banyak antrean. Mungkin juga sebagian peserta sudah banyak yang mengakses Aplikasi Mobile JKN. Tadi saya juga sudah dibantu untuk bagaimana menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Sangat inovatif ya program ini didukung dengan kemajuan teknologi,” terangnya. (*)

Ajie MH.