in

Cegah Kanker Payudara, Dokter Chandra Ungkap Pentingnya Deteksi Dini

Deteksi dini penting untuk mengetahui lebih awal keluhan yang dialami.

Founder Royal Crown Medica (RCM) dr. Chandra Aquino Tambunan, Sp.B.,M.H. (kanan) sedang menjadi narasumber talkshow kesehatan di Pekalongan. (istimewa)

PEKALONGAN (jatengtoday.com) — Kanker payudara merupakan penyakit ganas yang menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker. Sayangnya, banyak pasien terlambat berobat.

Founder Royal Crown Medica (RCM) dr. Chandra Aquino Tambunan, Sp.B.,M.H. mengimbau pentingnya melakukan deteksi dini untuk mencegah kanker payudara. Jangan sampai periksa ke layanan kesehatan dengan kondisi stadium lanjut.

Menurutnya, deteksi dini penting untuk mengetahui lebih awal keluhan yang dialami. Seperti jika ada benjolan, kemerahan, luka, dan nyeri di payudara apakah merupakan kanker payudara atau penyakit payudara lainnya.

“Semakin dini diketahui maka semakin baik penanganan yang dapat dilakukan,” pesan dokter Chandra saat menjadi narasumber talkshow kesehatan yang digelar Royal Crown Medica bekerja sama dengan Yogya Toserba Pekalongan, Selasa (15/8/2023).

Dalam talkshow bertajuk “Berani Deteksi Dini, Cegah Kanker Payudara” tersebut, banyak peserta yang bertanya mengenai faktor risiko terjadinya kanker payudara.

Dokter Chandra menyebut “Metode Sadari” atau pemeriksaan payudara sendiri diyakini menjadi strategi jitu guna mengetahui lebih awal adanya kelainan yang terjadi pada payudara.

Metode ini dapat dilakukan pada semua wanita, mulai usia 20 tahun, pada hari ke-7 sampai ke-10 setelah hari pertama haid terakhir.

Talkshow kesehatan yang dimotori Royal Crown Medica rencananya akan dilanjutkan dengan topik-topik menarik lain.

Konsultasi deteksi dini cegah kanker payudara juga bisa dilakukan di Royal Crown Medica yang mengelola praktik dokter umum dan dokter spesialis bedah di Jalan Permata Nomor 5A Podosugih, Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar