in

Cabor Lain Sibuk Targetkan Prestasi di Asian Games, Gulat Jateng Justru Fokus Emas Olimpiade

SEMARANG (jatengtoday.com) – Ketua Pengprov PGSI Jateng, Andreas Budi Wirohardjo mengaku, sejak awal pihaknya sudah berorientasi mengejar prestasi di kancah Olimpiade. Dia tidak ingin konsentrasinya terpecah di sejumlah kompetisi yang juga bergengsi, termasuk Asian Games 2018 mendatang.

“Sejak tahun lalu, kami tetap fokus Olimpiade. Bukan Asian Games, apalagi Porprov dan PON. Karena puncak prestasi olahraga ya di Olimpiade. Kalau Olimpiade sudah oke, bisa dipastikan Porprov, PON, dan Asian Games, bisa diatasi,” terangnya, Senin (13/8).

Dia mengakui, selama ini memang belum pernah ada atlet gulat Indonesia yang berjaya di Olimpiade. Ikut pun hanya sekali, yakni Olimpiade tahun 1984 silam. Itu pun sudah gugur di babak penyisihan.

“Karena itu, kami akan berjuang di Olimpiade. Karena ada kemungkinan, kami berani targetkan emas,” jelasnya.

Apalagi, lanjutnya, saat ini pihak pemerintah berani memberikan hadiah miliaran rupiah sebagai bonus jika ada atlet yang punya prestasi di kancah internasional. “Ini bisa jadi motivasi atlet,” terangnya.

Dari sisi pengurus dan pelatih, Andreas juga optimistis mampu membawa PGSI Jateng menguasai kelas internasional. “Secara struktur fisik, kami bisa. Atlet menempatkan diri sebagai atlet. Pelatih dan pengurus juga begitu. Sudah tidak ada lagi atlet yang jadi pelatih, pelatih jadi pengurus, dan lain sebagainya. Jadi sama-sama berjuang demi prestasi,” tandasnya.

Selain itu, upaya pencarian bibit unggul pun terus ditempuh PGSI Jateng. Salah satunya dengan menggelar kejuaraan untuk mencari pegulat potensial dari berbagai wilayah di Jateng. “Kami akan geber event untuk mencari bibit-bibit unggul,” tegasnya. (*)

editor : ricky fitriyanto