in

Buka PSDKU di Kediri, Udinus Gabung dengan STMIK

SEMARANG (jatengtoday.com) – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang resmi menerima surat keputusan pelaksanaan Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU).

PSDKU ini sekaligus penyatuan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Kediri ke Udinus Semarang. Pelaksanaan PSDKU sebagai langkah Udinus untuk peningkatan dan pemerataan pendidikan di Indonesia khususnya di Kediri, Jatim.

Baca: Hakim Diminta Bebaskan Mahasiswa Undip dan Udinus yang Jadi Terdakwa Demo Omnibus Law

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah 6 Jateng, Prof Muhammad Zainuri secara simbolis menyerahkan surat keputusan penyelenggaraan PSDKU kepada Ketua Yayasan Dian Nuswantoro, Tri Rustanti dan Rektor Udinus, Prof Edi Noersasongko.

Penyerahan yang dilakukan melalui zoom itu menjadi pertanda resminya Udinus menggelar PSDKU.

Baca: Demo di Kampus, Mahasiswa Unnes Desak Pemberian Gelar Doktor HC ke Nurdin Halid Dibatalkan

Surat keputusan dengan nomor 1192/LL6/TI/2020 tersebut berisikan berbagai hal terkait proses migrasi nomenklatur program studi antara STMIK Kediri ke Udinus.

Udinus Kediri telah memiliki ratusan mahasiswa di beberapa program studi yang ada. Program studi unggulan yang ada di Udinus Kediri yakni S-1 Teknik Informatika, S-1 Sistem Informasi, S-1 Desain Komunikasi Visual, S-1 Manajemen, dan D-3 Manajemen Informatika.

Baca: Bantah Komersialisasi Kampus, Rektor UNS Minta Mahasiswa Laporkan Indikasi Pungutan Penerima KIP-K

Kelima program studi S-1 tersebut telah memiliki akreditasi A. Selain itu, Udinus yang dikenal sebagai kampus berbasis teknologi, juga telah memiliki akreditasi institusi A.

Saat membuka kegiatan penyerahan SK PSDKU Udinus Kediri, Kepala LLDikti wilayah 6 Jateng, Prof Muhammad Zainuri, mengucapkan selamat dengan resminya penyatuan kedua perguruan tinggi tersebut.

Baca: Mahasiswa Pelapor Rektor Unnes Diskorsing, YLBHI-LBH Anggap Kampus Langgar HAM

Dia berharap dengan hal tersebut Udinus dapat memberikan pembelajaran yang optimal kepada para mahasiswa di Kota Kediri. Menurutnya dengan momen ini menjadi hal penting untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

“Kami melihat Udinus selalu melakukan inovasi dan hal ini menjadi aplikasi dalam penerapan kampus merdeka. Kami bersyukur dengan ini menjadi benchmarking dalam penyelenggaraan PSDKU,” tegas Muhammad Zainuri saat memberikan tanggapannya mengenai penyerahan SK pelaksanaan PSDKU.

Baca: Kampus jadi Kunci Cegah Radikalisasi di Perguruan Tinggi

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Prof Edi Noersasongko mengungkapkan, Udinus Kediri telah mengadopsi sistem pembelajaran dan mutu pendidikan seperti di Udinus Semarang.

Tak hanya itu, fasilitas terkait pembelajaran telah diperbaiki dengan mutu kualitas terbaik. Sebagai contoh, laboratorium komputer dilengkapi dengan puluhan unit komputer berspesifikasi tinggi dan ruangan yang nyaman.

Baca: Rencana Pendirian Kampus Universitas Negeri Harus Disesuaikan dengan Potensi Daerah

“Kami memiliki komitmen untuk berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa dan insan indonesia kompetitif di dunia teknologi,” tandasnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto