in

Borneo FC vs PSIS: Mahesa Jenar Gagal Bendung Pesut Etam

Adam Alis dan Willem Jan Pluim memastikan keunggulan Pesut Etam atas Mahesa Jenar.

Vitinho belum mampu membantu PSIS mencuri poin di kandang Borneo FC. (foto: dokumentasi PSIS Semarang)

SAMARINDA (jatengtoday.com) – PSIS Semarang gagal membendung Borneo FC dan dipaksa menyerah 0-2 pada laga pekan ke-22 BRI Liga 1 2023/2024. Adam Alis dan Willem Jan Pluim memastikan keunggulan Pesut Etam atas Mahesa Jenar.

Bermain di Stadion Segiri Samarinda, Sabtu (9/12/2023), PSIS mengejutkan tuan rumah saat pertandingan belum genap 2 menit. Vitinho lolos dari adangan Fajar Faturachman dan mengirim umpan ke kotak penalti, tapi sambaran Carlos Fortes bisa ditepis oleh Nadeo Argawinata.

Setelah itu, kendali permainan menjadi milik Borneo. Tuan rumah menciptakan peluang pertamanya di menit keempat lewat sepakan Adam Alis yang mampu dimentahkan Adi Satryo.

Peluang berikutnya tercipta melalui tendangan Stefano Lilipaly di menit ke-12 namun tepat mengarah ke kiper. Empat menit kemudian, sundulan Felipe Cadenazzi memandatkan umpan Willem Pluim juga bisa ditepis Adi Satryo.

Kehilangan duet bek tengah, Wahyu Prasetyo dan Lucas Gama cukup berpengaruh terhadap lini pertahanan PSIS Semarang. Wahyu Prast diketahui absen karena cedera sedangkan Lucao terserang diare dan hanya duduk di bangku cadangan.

Sebagai gantinya, pelatih Gilbert Agius menurunkan duet bek muda, Ahmad Syiha Buddin dan Bayu Fiqri di depan gawang Adi Satryo. Terus-terusan ditekan, pertahanan Mahesa Jenar akhirnya tembus juga.

Borneo mampu memecah kebuntuan di menit le-44 melalui sepakan Adam Alis di depan kotak penalti PSIS. Tuan rumah menutup paruh pertama dengan keunggulan 1-0.

Pesut Etam belum mengendurkan tekanan di babak kedua. Berkali-kali Felipe Cadenazzi mengancam gawang Mahesa Jenar. Beruntung Adi Satryo bermain apik dan menggagalkan peluang-peluang tuan rumah.

Tapi, Willem Pluim sukses menggandakan keunggulan Borneo di menit ke-84. Umpan silang Fajar Faturachman dari sayap kanan diteruskan mantan kapten PSM Makassar untuk menaklukkan Adi Satryo.

Tak ada gol tambahan di sisa waktu pertandingan. Kemenangan tersebut membuat Borneo semakin nyaman di puncak klasemen. Stefano Lilipaly dkk memimpin dengan poin 48 menjauh dari Bali United dengan selisih 8 angka.

Sedangkan PSIS masih belum beranjak dari peringkat keempat dengan poin 37. Selanjutnya Carlos Fortes dan kawan-kawan akan menjadi tuan rumah untuk Madura United.

Susunan Pemain

Borneo FC: Nadeo Argawinata–Leo Guntara, Silverio Goncalves, Leonardo Lelis, Fajar Faturachman; Kei Hirose, Adam Alis; Stefano Lilipaly, Willem Jan Pluim, Sihran Amarullah; Felipe Cadenazzi
PSIS Semarang: Adi Satryo–Fredyan Wahyu Sugiantoro, Bayu Fiqri, Ahmad Syiha Buddin, Giovani Numberi; Evan Dimas Darmono, Boubakary Diarra; Paulo Gali Freitas, Taisei Marukawa, Vitinho; Carlos Fortes

(*)

Tri Wuryono