in

Belajar Pengelolaan Wisata dan Pengembangan Pemuda di Bali

“Kami ke sini dalam rangka menimba ilmu. Sehingga nantinya dapat mengembangkan dan mengoptimalkan kepemudaan di Jateng,”

BALI (jatengtoday.com) – Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah memfasilitasi puluhan pengurus DPD KNPI untuk studi banding ke Bali.

Kabid Kepemudaan Disporapar Jateng, Ali Huda ingin agar pemuda di Jateng bisa belajar banyak inovasi yang dilakukan Dispora Bali dalam pengembangan pemuda dan wisata di Pulau Dewata.

Dia berharap, dengan adanya studi banding ini KNPI Jateng selaku lembaga yang membawahi berbagai organisasi kepemudaan di Jateng bisa menjalin kerja sama kemitraan pengembangan kepemudaan dengan pemerintah Bali.

“Kami ke sini dalam rangka menimba ilmu. Sehingga nantinya dapat mengembangkan dan mengoptimalkan kepemudaan di Jateng dengan provinsi lain, bisa saling mengisi,” ujarnya, Kamis (21/2/2019).

Ketua KNPI Jateng, Tino Indra Wardono mengemukakan, Bali sudah tidak diragukan lagi dalam hal pengembangan pariwisata, budaya, dan toleransinya. Bahkan, ada wisatawan mancanegara yang lebih mengenal Bali dibanding Indonesia sendiri. Sehingga sangat tepat apabila dijadikan acuan.

“Kami ingin belajar bagaimana melestarikan budayanya, sehingga kami bisa pula memajukan wilayah kami agar turut dikenal,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Bali, KM Boy Jayawibawa menyampaikan rasa terima kasihnya sudah memilih Bali sebagai wilayah kemitraan kepemudaan. Ia pun merasa sangat terhormat karena telah diberi kesempatan tersebut.

Menurut dia, banyaknya wisatawan yang datang memang turut membawa budaya masing-masing. Sehingga, perlu kiranya pemuda di suatu wilayah, seperti di Bali ini, harus dibekali pengetahuan agar tidak ikut larut.

“Di tengah gempuran budaya-budaya, toleransi menjadi kunci utama, dan sejauh ini di Bali toleransi belum pernah ada gesekan. Semoga bisa terus berjalan baik,” tandasnya.

Studi banding ini diikuti lebih dari 80 pengurus KNPI se-Jateng. Mulai dari Ketua DPD KNPI Jateng berserta pengurusnya, Ketua DPD KNPI Kabupaten/Kota se-Jateng, Tim Petanggguh KNPI Jateng, hingga Tim Media KNPI Jateng. (*)

editor : ricky fitriyanto