in

Begini Cara Grab Bendung Penyebaran Corona

SEMARANG (jatengtoday.com) – Grab berupaya ikut andil dalam membendung penyebaran virus corona atau Covid-19. Seperti melindungi kesehatan pelanggan dan mitra Grab, serta melayani penesanan tanpa kontak fisik GrabFood dan GrabExpress.

Managing Director, Grab Indonesia, Neneng Goenadi menuturkan, pihaknya telah memonitor situasi dan mempersiapkan seluruh pemangku kepentingan Grab. “Kami menempatkan kesehatan dan keselamatan pelanggan, Mitra Pengemudi dan merchant kami sebagai prioritas utama dalam seluruh kegiatan operasional kami. Melalui upaya jaga jarak sosial yang aman dan efektif, kemitraan dari segi teknologi dan inisiatif edukasi kami, kami telah menerapkan langkah-langkah tegas untuk membatasi penyebaran virus di Indonesia,” ucapnya, Sabtu (21/3/2020).

Sebagai langkah perlindungan bagi pelanggan dan mitra pengantaran, Grab telah memperkenalkan Pemesanan Tanpa Kontak di antara kedua pihak. Pelanggan GrabFood dan GrabExpress dapat mengikuti panduan Pemesanan Tanpa Kontak yang tersedia dalam aplikasi atau

Grab juga mengimplementasikan langkah pencegahan tambahan di seluruh gerai GrabKitchen di Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Medan. “Seluruh staf GrabKitchen termasuk staf mitra merchant akan dicek suhu tubuhnya setiap hari sebelum mulai bekerja, mitra pengantaran juga akan dicek suhu tubuhnya sebelum mengambil pesanan pelanggan. Kami juga memastikan semua pesanan makanan telah dibungkus dengan benar sebelum diserahkan kepada mitra pengantaran dengan kontak seminimum mungkin,” paparnya.

GrabFood juga berharap dapat segera bekerja sama dengan kementerian dan badan pemerintahan terkait untuk mensosialisasikan langkah-langkah pencegahan tambahan tersebut ke para pelaku industri makanan dan minuman demi keberlangsungan bisnis industri dan keamanan masyarakat dalam jangka panjang.

Sebagai contoh, Grab telah berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam industri makanan dan minuman untuk meningkatkan standar kebersihan mulai dari tahap penyiapan makanan hingga proses pengantaran.

“Kami juga telah melakukan edukasi tentang pentingnya kebersihan makanan dan menyusun pedoman baru kepada para mitra merchant untuk mendorong penggunaan jaring rambut, masker bedah dan sarung tangan ketika menyiapkan hidangan, serta mencuci tangan secara teratur selama 20 detik dan melakukan penyemprotan desinfektan ke bidang kerja mereka secara teratur sebelum dan sesudah mempersiapkan makanan,” jelasnya.

Mitra pengantaran juga diimbau untuk mencuci tangan mereka secara teratur, membersihkan tas GrabFood mereka secara berkala dengan cairan disinfektan, dan menerapkan metode pengantaran tanpa kontak setiap waktu.

GrabFood juga berkomitmen untuk membantu para mitra merchant melewati masa-masa penuh tantangan ini. Salah satunya, dengan menjalin kerja sama dengan mereka dalam memanfaatkan saluran-saluran online untuk mendorong transaksi.

Sebagai permulaan, mitra merchant dapat mendaftarkan diri untuk mengaktifkan fitur Ambil Sendiri, yang memungkinkan pelanggan untuk memesan makanan dan minuman lewat aplikasi, dan mengambil sendiri pesanan mereka ketika sudah siap, tanpa harus mengantre.

“Fitur ini merupakan alternatif untuk meminimalisir kontak menyusul anjuran pembatasan sosial,” tuturnya.

Lebih lanjut, Neneng menjelaskan, setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk bekerja dari rumah, dan semakin banyak masyarakat Indonesia yang berdiam di rumah, pihaknya memperluas jaringan GrabExpress dengan menggandeng Ninja Xpress. Pelanggan dapat menggunakan layanan pengiriman on-demand Ninja Xpress di aplikasi Grab dengan jangkauan pengiriman dari Jabodetabek menuju Bali, Sumatra, Kalimantan, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Papua dengan tarif yang terjangkau.

Sementara fitur GrabHealth powered by Good Doctor, menawarkan konsultasi kesehatan dalam aplikasi gratis kepada konsumen, yang dijalankan oleh tenaga medis profesional Good Doctor yang telah dilatih oleh Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta untuk menjawab pertanyaan seputar Covid-19.

“Mereka juga dapat membeli produk kesehatan dan vitamin atau menebus suplemen melalui GrabRewards. GrabHealth juga akan secara teratur berbagi konten pendidikan dengan publik untuk membantu mengurangi penyebaran Covid-19,” paparnya.

Terkait perlindungan kepada mitra, Grab menyediakan paket GrabCare untuk memberikan bantuan keuangan dan medis kepada mitra pengemudi Grab. Layanan ini bisa dimanfaatkan ketika mereka ditempatkan pada karantina yang dimandatkan otoritas kesehatan publik/pemerintah, atau telah dites positif corona.

“Kami juga bagi-bagi masker di sejumlah titik keramaian untuk membantu masyarakat yang saat ini kesulitan mendapatkan masker,” tandasnya. (*)

editor : tri wuryono