in ,

Bea Cukai Jateng-DIY Sita 3,8 Juta Rokok Ilegal Tujuan Sumatera

SEMARANG (jatengtoday.com) – Direktorat Jenderal Bea Cukai Jawa Tengah-DIY menggagalkan pengiriman 3,8 juta rokok ilegal yang akan dikirim ke berbagai wilayah di Sumatera.
Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Direktorat Jenderal Bea Cukai Jawa Tengah-DIY, Moch Arif Setijo Nugroho mengatakan, terdapat tiga penindakan yang dilakukan dalam kurun waktu sepekan terakhir.
Ia menjelaskan penindakan dilakukan di tiga lokasi berbeda, masing-masing di ruas Jalan Raya Kaligawe Semarang, ruas Tol Pejagan-Pemalang, serta ruas Tol Palikanci.
Dalam penindakan tersebut, kata dia, Bea Cukai Jateng-DIY berkoordinasi dengan Bea Cukai Cirebon saat penangkapan di ruas Tol Palikanci.
Menurut dia, rokok ilegal yang diangkut dengan menggunakan truk tersebut disamarkan dengan menggunakan barang lain untuk mengelabui petugas.
“Ada yang ditutupi dengan karung berisi cabai, ada yang dicampur dengan muatan kerupuk,” kata Arif Setijo melalui siaran pers, Kamis (13/8/2020).
Ia menyebut jutaan batang rokok tanpa cukai tersebut rencananya akan dipasarkan ke wilayah Padang, Jambi, Pekanbaru, dan Lampung.
Dari tiga penindakan itu, lanjut dia, potensi kerugian keuangan negara yang berhasil diselamatkan mencapai Rp 1,99 miliar.
Dia menambahkan, pelaku peredaran rokok illegal dapat dijerat dengan Pasal 54 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai. Ancaman hukumannya pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun.  (ant)
editor : tri wuryono