in

Akhir Tahun, Permohonan Paspor untuk Liburan Alami Peningkatan

Demi meningkatkan layanan pada masyarakat, Imigrasi Semarang pun menambah extra kuota paspor.

Layanan paspor di Kantor Imigrasi Semarang
Pengunjung antre mengurus paspor di Kantor Imigrasi Semarang. (baihaqi/jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Kantor Imigrasi Kelas I Semarang mencatat peningkatan permohonan paspor jelang akhir tahun. Mayoritas mengurus paspor untuk kepentingan liburan.

“Paling banyak saat ini untuk tujuan liburan akhir tahun. Trennya ke Singapura, Jepang, Eropa,” ujar Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Sri Wulan Sari, Selasa (21/11/2023).

Wulan menyatakan, selain tujuan liburan, paspor untuk kepentingan umroh dan ibadah haji juga mulai memenuhi kuota. Peningkatan untuk haji sudah terjadi sejak awal Oktober lalu.

Terlebih saat ini pengajuan untuk haji tidak melalui rekomendasi Kementerian Agama. Sehingga pemohon bisa langsung secara mandiri dengan menunjukkan setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Demi meningkatkan layanan pada masyarakat, Imigrasi Semarang pun menambah extra kuota. “Dalam sehari kami membuka 250 kuota, jika memungkinkan kami membuka 25-50 kuota,” tambahnya.

Selain itu, Imigrasi melakukan pelayanan paspor ke daerah melalui program Eazy Paspor. layanan jemput bola pembuatan paspor kolektif di daerah ini atas pengajuan dari Kemenag setempat.

Wulan menilai, tingginya permintaan paspor di Imigrasi Semarang karena masyarakat belum banyak mengetahui jika di seluruh kantor imigrasi di wilayah Jawa Tengah kini sudah memiliki layanan e-paspor.

Sebelumnya layanan e-paspor hanya tersedia di Imigrasi Semarang, Solo, dan Yogyakarta. “Padahal sekarang semua kantor imigrasi sudah bisa menerbitkan e-paspor,” tuturnya. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar