in

10 Kios di Pasar Ngaliyan Semarang Ludes Terbakar

Total ada 10 kios yang terbakar, semua ludes.

Petugas sedang berupaya memadamkan api yang melahap kios sekitar Pasar Ngaliyan Semarang. (baihaqi/jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Terjadi kebakaran di kawasan Pasar Ngaliyan, Kota Semarang, Kamis (8/12/2022) sore sekitar pukul 16.30 WIB.

Salah satu warga yang berjualan di dekat pasar, Nur Khotimah (26) mengatakan, api melahap beberapa lapak pedagang. Asap pun terlihat membumbung tinggi.

“Awalnya kaget kok rame-rame, asapnya kelihatan, nggak lama ada beberapa mobil pemadam kebakaran datang,” ujarnya.

Orang-orang yang melihat pada panik. Banyak pengendara di jalan yang berhenti penasaran. “Rame banget pengen pada lihat,” imbuhnya.

Danramil Kecamatan Ngaliyan Mayor Abdullah mengatakan, yang terbakar sebenarnya bukan Pasar Ngaliyan tetapi lapak pedagang kaki lima yang terletak di sebelah pasar.

“Total ada 10 kios yang terbakar, semua ludes,” jelasnya.

Untuk dugaan sementara kebakaran tersebut disebabkan karena korsleting listrik. Sampai saat ini petugas masih melakukan penyelidikan.

Pedagang Pasrah

Menurut informasi, pemilik kios sudah dihubungi oleh petugas untuk mengecek kondisi kios yang terbakar. Saat ini belum bisa menghitung berapa kerugian akibat kebakaran tersebut.

Salah satu pedagang sembako Tajudin (64) mengaku hanya bisa pasrah melihat kiosnya hangus terbakar.

Dia mengetahui insiden kebakaran usai dihubungi petugas. Tajudin diberitahu kiosnya terbakar, tetapi saat itu ia baru saja tiba di Pasar Jerakah.

Tajudin bingung karena yang terbakar merupakan gudang yang digunakan untuk menyimpan dagangannya. Jika dihitung, kerugian yang dialami cukup banyak. “Perkiraan bisa lebih dari Rp50 juta,” ucapnya.

Tajudin mengaku baru tiga tahun menyewa kios yang berada di dekat Pasar Ngaliyan itu. Semua dagangan yang dia miliki sudah tak bisa digunakan. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar