in

Zulkifli Hasan Ingin Liga Akurat Zulhas Cup Bisa Gairahkan Sepak Bola Jawa Tengah

Liga Akurat Zulhas Cup 2023 digelar di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kota Salatiga.

Mendag Zulkifli Hasan menyerahkan beasiswa kepada SSB pada pembukaan Liga Akurat Zulhas Cup 2023 di Stadion Undip Semarang, Sabtu (25/2/2023). (foto: jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Liga Akurat Zulhas Cup 2023 secara resmi mulai bergulir di Stadion Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu (25/2/2023). Turnamen antar-kecamatan ini diharapkan bisa menambah semarak sepak bola nasional yang sempat vakum karena pandemi Covid-19.

Pembukaan Liga Akurat Zulhas Cup 2023 ditandai dengan tendangan penalti Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan yang dilakukan di jeda pertandingan antara Kecamatan Gayamsari melawan Kecamatan Mijen.

Zulhas berharap agar turnamen antar-kecamatan ini bisa membantu olah raga sepak bola di Jawa Tengah semakin ramai dan bergeliat.

“Liga Akurat Zulhas Cup ini diharapkan bisa menyemarakkan sepak bola nasional setelah dua tahun tidak ada kegiatan. Apalagi sekarang ada Ketua (PSSI) yang baru, Pak Erick Thohir,” kata Zulkifli Hasan.

Selain membuka turnamen, Zulhas juga menyerahkan beasiswa kepada tujuh sekolah sepak bola (SSB).

“Terima kasih kepada peserta, termasuk klub-klub sepak bola dari beberapa kecamatan yang sudah mengikuti acara ini. Semoga sepak bola kita semakin jaya,” tandasnya.

Zulkifli Hasan bersama Akurat.co memang menjadi pelopor dari Liga Akurat Zulhas Cup 2023. Turnamen ini diselenggarakan di empat wilayah di Jawa Tengah, yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kota Salatiga.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Direktur Utama PT Akurat Sentra Media (Akurat.co), Meita Irianty mengatakan, Liga Akurat Zulhas Cup menjadi wadah bagi pemain Liga 2 dan Liga 3 yang saat ini menganggur karena kompetisi dihentikan.

“Saya ingin menyampaikan salam dari wasit, pemain Liga 2 & Liga 3, yang saat ini tidak bisa bermain karena liganya dihentikan,” ujar Meita.

“Jadi banyak yang seneng banget acara Liga Akurat Zulhas Cup 2023 ini berlangsung dari 25 Februari sampai 4 Februari, dan diikuti oleh seluruh peserta (kecamatan) di empat kota Jateng, tidak ada yang absen,” tutur dia.

Liga Akurat Zulhas Cup 2023 digelar di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kota Salatiga. Babak reguler berlangsung dengan sistem gugur, 25 Februari-1 Maret.

Juara masing-masing wilayah akan melaju ke final four pada 2-4 Maret, untuk kemudian memperebutkan juara Liga Akurat Zulhas Cup 2023, yang berlangsung di Stadion Wujil, Kabupaten Semarang.

“Jadi, alhamdulillah nanti acaranya bukan hanya ini, tapi di closing ceremony yang digelar di Stadion Wujil akan dimeriahkan oleh Ndarboy Genk,” kata Meita.

Sementara, pada pertandingan pembuka Liga Akurat Zulhas Cup 2023 regional Kota Semarang, Kecamatan Gayamsari yang diperkuat mantan pemain PSIS, Johan Yoga harus mengakui keunggulan Kecamatan Mijen. Pertandingan tersebut harus dituntaskan lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol di waktu normal. (*)

Tri Wuryono