in

Menang Adu Penalti, Pegandon Juara Zulhas Cup 2023

Perwakilan Kendal berhak mendapatkan uang pembinaan Rp25 juta.

Kecamatan Pegandon menjadi juara Liga Akurat Zulhas Cup 2023. (foto: istimewa)

UNGARAN (jatengtoday.com) – Tim Kecamatan Pegandon, Kendal keluar sebagai juara Liga Akurat Zulhas Cup 2023. Pada babak final di Stadion Wujil, Kabupaten Semarang, Sabtu (4/3/2023), Rizki Kurniawan dkk mengalahkan Kecamatan Tingkir, Salatiga lewat adu penalti.

Pegandon melaju ke final usai menyingkirkan Kecamatan Banyumanik, Semarang juga dengan adu penalti. Wakil Kendal itu menang 4-2 (1-1).

Sedangkan, Tingkir yang diperkuat eks gelandang PSIS Semarang, Heru Setyawan mendepak Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang. Laga tersebut juga dituntaskan dengan adu penalti dan dimenangkan Tingkir 3-0 (1-1).

Bertemu di laga puncak Liga Akurat Zulhas Cup 2023, Pegandon dan Tingkir kembali harus menjalani babak tos-tosan. Tingkir mampu unggul lebih dulu melalui Rifki sebelum disamakan oleh Setiawan.

Kedua tim gagal menambah gol di waktu normal, sehingga pertandingan berlanjut ke babak adu penalti. Dua penendang penalti Tingkir tidak mampu menceploskan bola, sedangkan di kubu Pegandon hanya satu eksekutor yang gagal. Pegandon menang 4-3.

Hasil ini membuat Tim Kecamatan Pegandon keluar sebagai juara Liga Akurat Cup 2023. Perwakilan Kendal berhak mendapatkan uang pembinaan Rp25 juta dan piala pemenang. Sedangkan Kecamatan Tingkir mengantongi hadiah Rp15 juta.

Penyelenggaraan Liga Akurat Zulhas Cup 2023 dibuka pada 25 Februari. Turnamen sepak bola antar-kecamatan ini juga diramaikan pemain-pemain dari Liga 2 dan Liga 3. Mulai dari Johan Yoga Utama (PSIM Yogyakarta), Fafa Muhammad Zuhud (Sriwijaya FC), Daniel Nurcahya (PSISa Salatiga), Ajik Mashudi (PSKC Cimahi ), Aryandy Widiansyah (PSGC Ciamis), hingga Dwiki Arya (Persela Lamongan).

Wakil Direktur Utama PT Akurat Sentra Media (Akuratco), Meita Irianty mengatakan, Liga Akurat Zulhas Cup 2023 merupakan bentuk kepedulian Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan terhadap sepak bola nasional.

“Selain salam dari wasit dan pemain Liga 2 dan Liga 3, yang saat ini menjadi hidup kembali karena Mas Zulhas peduli dengan nasib seluruh mereka,” ujar Tata saat memberikan sambutan di Stadion Pandanaran Wujil, Ungaran, Kabupaten Semarang, Sabtu (4/3/2023).

Lebih jauh, Tata menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung selama penyelenggaraan Liga Akurat Zulhas Cup 2023. Termasuk Partai Amanat Nasional (PAN) serta penonton yang terus meramaikan turnamen antar-kecamatan ini.

Hadir dalam acara penutupan Liga Akurat Zulhas Cup 2023, sejumlah kader dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN, serta mantan anggota DPR yang juga Sekretaris Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN, Tjatur Sapto Edy. (*)

Tri Wuryono