in

Waspada! Temanggung Sedang Diancam Bencana

Ilustrasi - ancaman bencana alam. (pixabay)

TEMANGGUNG (jatengtoday.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung menyebut wilayahnya sedang diancam bencana hidrometeorologi.

Bencana hidrometeorologi yang sedang membayangi Temanggung antara lain tanah longsor, banjir bandang, puting beliung hingga badai tropis.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Temanggung Toifur Hadi menuturkan, ancaman bencana tersebut merupakan dampak fenomena badai La Nina di penghujung tahun 2021 ini.

Badai La Nina merupakan sebuah fenomena cuaca ekstrem yang ditandai dengan curah hujan tinggi.

Dikatakan, dari informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim hujan kali ini akan disertai fenomena La Nina yang artinya diperkirakan curah hujan akan lebih tinggi dibandingkan musim hujan sebelumnya.

“Di samping hujan yang berpotensi banjir, juga ada angin kencang, longsor yang perlu kita waspadai, seperti bencana angin kencang yang terjadi di Kecamatan Parakan beberapa waktu lalu. Jadi perlu kita tingkatkan kewaspadaan,” terang Toifur, Minggu (12/12/2021).

Sebagai langkah antisipasi, Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Sekretaris Daerah telah membuat Surat Edaran tentang Peringatan Dini Bahaya La Nina yang ditujukan kepada seluruh kecamatan di Temanggung.

”Dari kecamatan tersebut, kita harap bisa diteruskan ke desa-desa, agar bisa menjadi kewaspadaan bersama,” harapnya.

Personel BPBD, SAR dan dibantu TNI, Polri dan petugas lainnya dilibatkan dalam upaya antisipasi penanganan bencana di wilayah Kabupaten Temanggung. Semua personel tersebut siap bergerak untuk melakukan upaya evakuasi, jika sewaktu-waktu terjadi bencana. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.