in

Wahyu Prasetyo Masuk Skuad Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pemain-pemain yang dipanggil akan berkumpul mulai tanggal 9 Oktober untuk memulai persiapan.

Pemain PSIS Semarang Wahyu Prasetyo (kiri) berebut bola dengan pemain Persik Kediri pada lanjutan BRI Liga 1, Minggu (6/2/2022). (foto: dokumentasi PSIS Semarang)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah mengumumkan daftar pemain yang dipanggil untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama. Bek PSIS Semarang, Wahyu Prasetyo kembali mendapat panggilan, sedangkan gelandang Ivar Jenner terpaksa ditinggal.

Dalam rilis resmi PSSI, Selasa (3/10/2023), terungkap bahwa Ivar Jenner tidak akan dapat berpartisipasi dalam laga tersebut karena sedang mengalami cedera yang didapat saat membela Jong FC Utrecht di liga Belanda.

Pertandingan kualifikasi yang akan datang melibatkan Timnas Indonesia yang berhadapan dengan Brunei Darussalam pada tanggal 12 dan 17 Oktober. Pemain-pemain yang dipanggil akan berkumpul mulai tanggal 9 Oktober untuk memulai persiapan menuju laga penting ini.

Dalam daftar pemanggilan ini, terdapat beberapa pemain yang bermain di luar negeri yang turut dipercayakan oleh pelatih Shin Tae-yong, seperti Asnawi Mangkualam yang bermain untuk Jeonnam Dragons, Pratama Arhan (Tokyo Verdy), dan Sandy Walsh (KV Mechelen).

Jordi Amat yang bermain untuk Johor Darul Ta’zim FC, Shayne Pattynama (Viking FK), Saddil Ramdani (Sabah FC), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Elkan Baggott yang membela Ipswich Town juga kembali diberikan kesempatan.

Persib Bandung adalah penyumbang pemain terbanyak dengan tiga pemain dalam daftar pemanggilan. Diikuti oleh Persikabo, Dewa United, dan Persija Jakarta yang masing-masing menyumbang dua pemain.

Sementara, pemain belakang PSIS Semarang, Wahyu Prasetyo dipanggil untuk mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama.

Pemanggilan tersebut telah disampaikan secara resmi oleh PSSI melalui surat dengan nomor 3913/AGB/569/IX-2023 kepada manajemen PSIS.

Sebelumnya Wahyu Prast juga sudah menjalani debut bersama Timnas Indonesia saat FIFA Match Day melawan Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 8 September 2023.

Daftar Pemain Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026:

1. Edo Febriansyah – Persib Bandung
2. Marc Klok – Persib Bandung
3. Ricky Kambuaya – Dewa United
4. Rachmat Irianto – Persib Bandung
5. Dimas Drajad – Persikabo 1973
6. Nadeo Argawinata – Borneo FC
7. Yance Sayuri – PSM Makassar
8. Syahrul Trisna – Persikabo 1973
9. Wahyu Prasetyo – PSIS Semarang
10. Marselino Ferdinan – KMSK Deinze
11. Witan Sulaeman – Persija Jakarta
12. Rizky Ridho – Persija Jakarta
13. Dendy Sulistyawan – Bhayangkara FC
14. Ernando Ari – Persebaya Surabaya
15. Egy Maulana Vikri – Dewa United
16. Ramadhan Sananta – Persis Solo
17. Jordi Ammat – Johor Darul Ta’zim FC
18. Saddil Ramdani – Sabah FC
19. Pratama Arhan – Tokyo Verdy
20. Asnawi Mangkualam – Jeonnam Dragons
21. Sandy Walsh – KV Mechelen
22. Shayne Pattynama – Viking FK
23. Arkhan Fikri – Arema FC
24. Rafael Struick – ADO Den Haag
25. Elkan Baggott – Ipswich Town

(*)

Tri Wuryono