in

Unwahas Kerja Sama dengan Perusahaan Jepang, Siap Cetak Tenaga Kerja Berkualitas

Unwahas siap untuk ambil bagian dalam mendirikan pusat pelatihan atau training center (TC) bagi tenaga kerja Indonesia.

Pimpinan Unwahas dan PT. OS Selnajaya foto bersama usai menandatangani MoU. (istimewa)
Pimpinan Unwahas dan PT. OS Selnajaya foto bersama usai menandatangani MoU. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Jepang, PT. OS Selnajaya untuk menyiapkan tenaga kerja berkualitas.

Ketua Umum Yayasan Wahid Hasyim Semarang (YWHS), Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA mengatakan, Unwahas melalui YWHS terus mengembangkan kerja sama internasional untuk memberikan kemajuan pendidikan dan pelatihan bagi mahasiswa.

Noor Achmad, menyebut Unwahas siap untuk ambil bagian dalam mendirikan pusat pelatihan atau training center (TC) bagi tenaga kerja Indonesia yang disiapkan memasuki pasar kerja oleh negara Jepang tersebut.

“Kami sudah siapkan gedung untuk TC yang dilengkapi fasilitas hotel bintang 3. Sehingga kami siap berkontribusi dalam mencetak tenaga kerja Indonesia yang berkualitas,” ungkapnya, Kamis (8/2/2024).

Kerja sama yang diawali pertemuan perdana pada Oktober 2023 lalu kini telah sah ditandatangai masing-masing pihak, sehingga Unwahas telah resmi menjadi salah satu TC bagi PT. OS Selnajaya.

“Dalam kerja sama ini Unwahas menyiapkan fasilitas seperti gedung untuk asrama, ruang pelatihan, dan sarana pendukung lainnya yang berada di komplek kampus gunungpati,” imbuhnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT. OS Selnajaya menjelaskan, perusahaannya saat ini berkantor pusat di Kota Tokyo Jepang dan memiliki kantor cabang di 32 negara. Salah satu kantor cabangnya berada di Menara Astra Jl. Jendral Sudirman Jakarta.

Dalam kerja sama ini pihaknya akan menyiapkan rekrutmen sekaligus memberikan pelatihan dan memberikan penyaluran tenaga kerja yang sudah mengikuti pelatihan selama enam bulan sebelum diberangkatkan ke Jepang. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar