in

Tol di Jateng Tersambung, Laka Lantas Musim Lebaran 2019 Menurun 21 Persen

SEMARANG (jatengtoday.com)Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Rudy Antariksa menjelaskan, jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan tol Jateng pada musim Lebaran 2019 ini mengalami penurunan. Hal itu tidak terlepas dari tersambungnya tol di provinsi ini.

“Untuk data laka lantas Alhamdulillah mengalami penurunan. Jumlah kecelakaan 2019 dibanding tahun 2018 menurun 21 persen,” ujar Rudy usai mengikuti Apel Konsolidasi yang berlangsung di Lapangan Simpang Lima Semarang, Kamis (13/6/2019).

“Jadi secara umum baik itu di jalur tol maupun non tol mengalami penurunan. Kalau tahun lalu memang jalur tol (di Jateng) belum nyambung. Kemudian tahun ini sudah nyambung, makanya bisa ditekan,” imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan, sampai hari ini, H+8 Lebaran, jumlah kecelakaan di jalan tol ada 23 kejadian, yang tersebar di beberapa titik yang berbeda. Untuk jumlah korbannya sendiri mencapai 27 orang.

“Yang meninggal dunia ada 4, kemudian luka berat ada 8, kemudian luka ringan ini masih ada sekitar 15 orang,” jelas Rudy yang juga Kabag Penanggungjawab Posko Terpadu tol GT Kalikangkung Semarang

Meskipun begitu, ia tidak menampik adanya peningkatan jumlah korban yang meninggal.

Menurutnya, dari data tersebut diketahui bahwa jumlah korban yang meninggal dunia memang mengalami peningkatan. Namun untuk yang luka berat mengalami penurunan 40 persen. Juga yang luka ringan mengalami penurunan 22 persen.

Rudy menjelaskan, potensi kecelakaan tentu masih tetap ada, meskipun hal itu tidak diharapkan. Apalagi melihat masih adanya sekitar 15 persen pemudik di Jateng yang belum balik ke Jakarta.

Kata Rudy, pihaknya akan terus berupaya menciptakan kondusifitas lalu lintas pada musim arus balik saat ini. Segala hal telah dipersiapkan, termasuk melakukan pengamanan ekstra di pos-pos yang rawan.

“Kami mengantisispasi pos-pos yang rawan, baik di tol Kalikangkung, Brebes, Pejagan Pemalang, maupun jalur Pantura, tetap kita lakukan antisipasi untuk membantu saudara kita yang mau kembali ini, masih akan melanjutkan perjalannnya ke Jakarta,” tandasnya. (*)

editor : ricky fitriyanto

Baihaqi Annizar