in

Tiga Pencari Ikan yang Diterjang Ombak di Jepara Ditemukan Meninggal

JEPARA (jatengtoday.com) – Tiga dari empat pencari ikan yang hilang diterjang ombak di Perairan Gua Manik Jepara, Jawa Tengah, ditemukan dalam kondisi meninggal, Minggu (10/5/2020).

Ketiganya masing-masing: Sutrisno (23), Sumantri (35) dan Eko (40). Semuanya warga Dukuh Duwet, Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara.

“Ketiganya ditemukan dalam kondisi meninggal. Sedangkan satu korban lain bernama Susanto (28), masih dalam pencarian,” kata Kepala Basarnas Semarang, Nur Yahya.

Ketiga korban ditemukan secara terpisah. Korban, Sutrisno ditemukan pada pukul 12.00 WIB di titik kurang lebih 1 mil dari lokasi ke arah timur, Sumantri ditemukan pukul 13.30 WIB di titik kurang lebih 2 mil dari lokasi ke arah timur. Sedangkan Eko ditemukan pukul 16.12 WIB di titik kurang lebih 2 mil arah barat.

“Ketiga korban dievakuasi untuk selanjutnya dibawa ke rumah duka. Hingga pukul 17.00 WIB, operasi SAR dihentikan sementara dan dilanjut esok hari,” terangnya.

Pencarian akan dilanjutkan pada Senin (11/5/2020), tim akan dibagi menjadi dua. Tim 1 melakukan penyisiran ke arah timur kurang lebih 2 kilometer menuju Benteng Portugis, dan Tim 2 akan melakukan penyisiran ke arah barat kurang lebih 2 kilometer menuju Gua Manik.

“Semoga besok cuaca cerah dan korban, Susanto, dapat segera ditemukan,” ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak lima warga Dukuh Juwet Desa Banyumanis Kecamatan Donorojo, Jepara, yang sedang menjaring ikan di 100 meter dari bibir Pantai Gua Manik diterjang ombak.

Kelimanya hanyut dan dilaporkan hilang. Namun tak lama kemudian, salah satu korban ditemukan selamat dan ditolong warga sekitar. Sedangkan empat lainnya hilang ditelan ombak. Adapun identitas korban yang selamat adalah Andika (22). Sedangkan empat korban yang hilang beridentitas Sutrisno, Sumantri, Susanto, dan Eko. (*)

 

editor: ricky fitriyanto

Abdul Mughis