in

Seniman Kolombia Ajak Warga Semarang Diet Sampah Plastik

SEMARANG (jatengtoday.com) – Seniman asal Kolombia, Valeriana mengajak warga Semarang untuk melakukan diet plastik. Kampanye itu diekspresikan lewat pemasangan gambar dengan teknik wheatpaste di ruas Jalan Gajahmada Semarang, Minggu (22/9/2019) malam.

Coretan di dinding itu bergambar anak kecil yang memakai plastik di kepala. Ada tulisan ‘No Thanks’. Gambar ini merupakan sindirian Valeriana tentang penggunaan plastik oleh masyarakat.

“Itu sindiran, bagi kebiasaan masyarakat yang menggunakan plastik hanya sekali pakai,” jelasnya.

Dikatakan, aksi tersebut merupakan bagian dari kampanye global yang dinaungi oleh Micro Galleries. Kampanye global ini diserukan untuk mengajak kesadaran masyarakat mengenai iklim di bumi yang sudah sangat tidak menentu.

Lewat aksi ini, dia berharap masyarakat bisa lebih mengerti penggunaan plastik. Dia menilai kantong plastik terlalu banyak digunakan saat ini. Meski mudah didapat dan simpel, Valeriana meminta masyarakat mengurangi kebiasaan tersebut.

“Kebiasaan ini yang perlu kita ubah. Sudah banyak informasi mengenai banyaknya sampah plastik hingga mencemari lautan. Melalui aksi ini saya ajak masyarakat untuk mulai hemat dalam menggunakan plastik,” paparnya.

Valeriana juga mengapresiasi upaya komunitas dan beberapa pihak yang sudah mulai memproduksi dan mengenalkan kantong plastik dari bahan organik. Dia menilai, meski harga kantong plastik tersebut relatif lebih mahal, tapi hal itu sepadan dengan pencegahan rusaknya lingkungan.

“Saya sudah mendengar hal itu, menurut saya itu perlu didukung penuh sehingga bisa digunakan oleh masyarakat,” tururnya. (*)

editor : ricky fitriyanto

Ajie MH.