in

Selain Tenaga Kesehatan, Guru Juga Diminta Jadi Prioritas Dapatkan Vaksin, Ini Alasannya

SEMARANG (jatengtoday.com) – Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi meminta pemerintah memasukkan guru dalam daftar prioritas vaksinasi Covid-19 tahap pertama. Dengan begitu, sekolah tatap muka bisa segera dilakukan seperti instruksi dari Kemendikbud.

Dikatakannya, guru merupakan salah satu garda terdepan dalam melayani masyarakat di bidang pendidikan. Karena itu, selain untuk nakes, vaksin juga perlu diprioritaskan untuk guru.

“Setelah tenaga kesehatan seperti dokter, perawat dan lain sebagainya yang telah berupaya mengatasi Covid-19, guru merupakan salah satu profesi yang harus diprioritaskan untuk diberi vaksin dan dibiayai negara,” ucap politisi Partai Demokrat ini di Semarang, Selasa (15/12/2020).

Jika vaksinasi untuk guru sudah dilakukan, bukan tidak mungkin peluang sekolah untuk menggelar pembelajaran tatap muka di awal 2021 bisa dilakukan.

“Maka salah satu cara menanggulangi penyebaran Covid-19 di lingkup pendidikan dengan memberi vaksin prioritas kepada guru yang berkehendak dan mau untuk diberi vaksin,” imbuhnya.

Meski begitu, dia juga meminta kepada pemerintah untuk memastikan terlebih dahulu 1,2 juta dosis vaksin yang tiba dari Tiongkok untuk uji klinis.

“Sebelum itu semua, pemerintah harus memastikan keamanan vaksin itu sendiri. Kita sebagai bagian rakyat Indonesia juga ikut mendoakan supaya uji klinis berlangsung lancar dan vaksin tersebut benar-benar aman,” tandasnya. (*)

 

 

editor: ricky fitriyanto

 

Ajie MH.