in

Respons Surat FIFA, PSSI Gelar KLB 16 Februari 2023

KP dan KBP terpilih nanti akan bekerja untuk memproses menuju kongres pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif.

Sekjen PSSI Yunus Nusi (foto: dokumentasi pssi)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Kamis (10/11/2022) memutuskan Kongres Luar Biasa Pemilihan pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan anggota Komite Eksekutif lebih cepat. Hal ini setelah FIFA merespons surat dari PSSI terkait percepatan pelaksanaan kongres 2023.

“Kami telah menerima surat dari FIFA terkait pelaksanaan kongres,” kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi dalam keterangan resmi federasi, Jumat (11/11/2022).

Baca Juga: Soal KLB PSSI, Menpora: Pemerintah Tak Akan Intervensi

Pada surat FIFA yang dikirimkan ke PSSI pada Kamis (10/11) menyatakan bahwa FIFA menginginkan Kongres Biasa untuk pemilihan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) dilakukan pada 14 Januari 2023 serta menetapkan untuk Kongres Luar Biasa Pemilihan Eksekutif Komite (Ketum, Waketum, anggota Komite Eksekutif) digulirkan pada 16 Februari 2023.

“Awalnya kami merencanakan kongres biasa pemilihan KP dan KBP pada 7 Januari dan kongres luar biasa pemilihan seluruh Komite Eksekutif pada 18 Maret. Namun, ada perubahan melalui surat dari FIFA dan kami akan mengikuti arahan dari FIFA,” imbuh Yunus Nusi.

Baca Juga: Serahkan Hasil Investigasi ke Presiden, TGIPF Kanjuruhan: PSSI Harus Bertanggung Jawab

Seperti diketahui, pada Jumat (28/10) lalu melalui Emergency Meeting Exco PSSI memutuskan untuk mempercepat kongres biasa pemilihan melalui tahapan mekanisme kongres luar biasa sesuai tahapan aturan organisasi.

“Dengan ini kami segera mengirimkan surat kepada seluruh voters PSSI terkait perubahan tanggal kongres sesuai jawaban dari surat FIFA,” kata Yunus Nusi.

KP dan KBP terpilih nanti akan bekerja untuk memproses menuju kongres pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif pada 16 Februari 2023. (*)

Tri Wuryono