in

Respons Cepat Kondisi Darurat, Warga Bisa Hubungi Nomor Pertolongan Basarnas ini

MAGELANG (jatengtoday.com) – Lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, Basarnas melakukan sosialisasi agar warga bisa melakukan upaya penanganan ketika dalam kondisi darurat hingga mengancam keselamatan nyawa. Salah satunya dengan menghubungi nomor darurat yang dikelola oleh Basarnas.

Sosialisasi itu salah satunya dilakukan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Basarnas pada Magelang Fair 2019 yang digelar di alun-alun Kota Magelang, 30 April – 4 Mei 2019. Acara tersebut dibuka oleh Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito dan diikuti oleh 200-an peserta antara lain dari SKPD dan instansi di Kota Magelang, Kementerian dan Badan Pemerintah, BUMN dan BUMD, lembaga pendidikan, para pelaku usaha serta organisasi masyarakat/komunitas.

Kepala Basarnas Jawa Tengah, Aris Sofingi mengungkapkan keikutsertaan Basarnas dalam pameran di Magelang ini merupakan salah satu usaha untuk lebih mendekatkan Basarnas dengan masyarakat.

“Dengan semakin dekatnya masyarakat dengan Basarnas, maka akan semakin cepat pula respons time yang kami berikan apabila masyarakat mengalami keadaan yang membahayakan jiwanya karena informasi yang juga bisa cepat kami terima ” ujar Aris.

“Melalui pameran ini juga kami mensosialisasikan nomor darurat (024) 115 kepada masyarakat Kota Magelang agar dapat cepat menghubungi kami bila mengalami kejadian yang tidak diharapkan,” kata Aris.

Dalam pameran ini Basarnas menampilkan peralatan-peralatan pertolongan yang biasa dipakai dalam suatu operasi SAR di antaranya peralatan CSSR, Peralatan Water Rescue, Peralatan Vehicle Accident Rescue, Peralatan Komunikasi, Peralatan mountaineering dan Peralatan Selam. (*)

editor : ricky fitriyanto

Abdul Mughis