in

Dihantam Ombak, Ahmadi Hilang di Laut

DEMAK (jatengtoday.com) – Seorang nelayan bernama Ahmadi (43), warga Sabetan RT 4 RW 8 Desa Wedung, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah dilaporkan hilang setelah perahu yang dinaikinya terhantam ombak di perairan Wedung. Tim Basarnas hingga saat ini masih melakukan pencarian.

“Korban diduga tenggelam setelah perahu yang ditumpangi terhantam ombak besar,” ungkap Kepala Basarnas Jateng Aris Sofingi, Rabu (25/9/2019).

Dikatakannya, kronologis peristiwa tersebut bermula pada Senin (23/9/2019) siang, korban bersama rekannya Kaspin (65), menumpang perahu usai mencari ikan. Mereka bermaksud pulang. Sesampai di Perairan Wedung, perahu yang ditumpangi kedua nelayan tersebut terhantam ombak besar.

“Keduanya terpental ke laut. Namun
Kaspin bisa menyelamatkan diri dengan cara berenang dan kembali meraih perahu tersebut. Sementara Ahmadi hilang. Hingga saat ini kami masih melakukan pencatian,” kata Aris.

Pihaknya telah memperintahkan Koordinator Basarnas Pos SAR Jepara, Wisnu Yuas bersama tim untuk melaksanakan operasi pencarian dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB). “Kami bertolak dari Pelabuhan Kartini dengan menggunakan RIB, waktu tempuh kurang lebih 40 menit tiba di tempat kejadian perkara,” ujar Wisnu.

Pihaknya telah melakukan penyisiran dengan dibantu oleh petugas gabungan BPBD dengan menggunakan Rubber Boat. Selain itu juga dibantu oleh nelayan sekitar. “Kami masih terus melakukan upaya pencarian. Semoga tim gabungan diberi keselamatan dan korban cepat ditemukan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan kondisi gelombang di Perairan Wedung saat dilakukan pencarian kurang lebih 1,5 meter. Sedangkan arah angin berasal dari timur laut menuju selatan.(*)

editor : ricky fitriyanto

Abdul Mughis