in

PT Semen Gresik Komitmen Operasikan Pabrik Semen Ramah Lingkungan di Rembang

SEMARANG (jatengtoday.com) – PT Semen Gresik (Semen Indonesia Group) terus berkomitmen untuk mengoperasikan pabriknya di Kabupaten Rembang dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan.

Manager Institutional Relations PT Semen Indonesia pabrik Rembang, Yeni Indah Lestari mengatakan, pabrik yang berdiri pada 2017 lalu memiliki teknologi canggih dibanding perusahaan lain.

Salah satunya adalah Regenerative Drive Sistem Long Belt Conveyor yang dapat dimanfaatkan untuk menghemat listrik sampai dengan 20 persen. Kemudian teknologi untuk mengendalikan debu agar tidak mengganggu masyarakat.

Pihaknya juga sudah mengatur jarak minimum untuk mengangkut bahan baku dari tambang ke area produksi. Tujuannya supaya meminimalisir lalu lalang kendaraan, dan mengurangi CO2.

“Itu merupakan bukti nyata bahwa kita memang perusahaan yang ramah lingkungan,” jelas Yeni saat berkunjung ke kantor jatengtoday.com di gedung Monod Diephuis & Co, Kota Lama Semarang, Kamis (5/3/2020). Kunjungan diterima Pemimpin Redaksi jatengtoday.com Ricky Fitriyanto, dan sejumlah awak redaksi.

Selain itu, Semen Gresik di Rembang juga berupaya tetap berkontribusi positif bagi daerah dan masyarakat di sekitar perusahaan. Di antaranya melalui program Edupark sebagai bagian dari program Perkebunan, Pertanian, Perikanan dan Peternakan Terpadu (P4T).

Ada pula program yang diperuntukkan bagi kaum milenial. Sebelum bulan puasa 2020 nanti akan diadakan kegiatan Semen Gresik Community Challenge (SGCC). Itu merupakan tantangan bagi komunitas-komunitas untuk berkegiatan sosial.

“Nah kita kasih platform ke mereka supaya kegiatannya dikemas lebih meriah, cakupannya lebih besar, nilai sosialnya lebih tinggi. Nanti mereka akan kami nilai dan dikasih hadiah sekaligus menjadi komunitas binaan SGCC,” tandas Yeni. (*)

 

editor: ricky fitriyanto