in

PSIS Kalah, Agius Enggan Salahkan Wasit

RANS bermain lebih baik dan pantas memenangkan pertandingan.

RANS Nusantara vs PSIS Semarang di Stadion Maguwoharjo Sleman. (foto: dokumentasi RANS Nusantara)

SLEMAN (jatengtoday.com) – PSIS Semarang dipaksa menyerah 1-2 oleh RANS Nusantara pada laga pekan ke-15 BRI Liga 1 2023/2024. Pelatih Mahesa Jenar, Gilbert Agius bungkam soal wasit dan memuji lawan yang bermain lebih baik.

Laga yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (6/10/2023) tersebut menjadi kesempatan PSIS untuk terus memepet Borneo FC dan Madura United yang menghuni peringkat 1-2. Kedua tim memiliki 28 poin, berjarak empat poin dari Mahesa Jenar di peringkat 5.

Alih-alih menang, Septian David Maulana dan kawan-kawan malah gagal menambah poin karena kalah dari RANS. Gol-gol Mitsuru Maruoka (8′) dan Evandro Brandao (64′) cuma bisa dibalas oleh penalti Carlos Fortes di penghujung laga.

Gilbert Agius mengakui, RANS bermain lebih baik dan pantas memenangkan pertandingan. Tertinggal dua gol membuat timnya sulit bangkit.

“Selamat buat RANS, seperti itulah sepak bola, tim yang bermain lebih baik pantas untuk menang. RANS punya peluang lebih sedikit, tapi sangat mematikan,” kata Agius seusai pertandingan.

Pria asal Malta itu tidak mau berkomentar banyak soal keputusan wasit yang tidak memberikan penalti ketika Taisei Marukawa terkapar di area terlarang setelah terlibat duel dengan bek RANS, Francisco Pereira.

“Saya tidak ingin berkomentar soal wasit, mereka juga manusia dan bisa saja bikin kesalahan meski harus ada pihak yang dirugikan dan diuntungkan,” ungkap Agius.

Pelatih berlisensi UEFA Pro itu juga membeberkan alasan meninggalkan Taisei Marukawa di bench dan lebih memilih Vitinho untuk mengisi sisi kiri penyerangan. Marukawa baru masuk di menit ke-64 dan cukup sukses menghidupkan permainan.

“Taisei sudah absen di dua pertandingan karena cedera. Sedangkan Vitinho bermain bagus di dua laga sebelumnya (1 gol dan 2 assist), sehingga dia yang lebih dulu bermain hari ini,” ucap Agius.

Kekalahan dari RANS Nusantara membuat PSIS Semarang masih tertahan di peringkat kelima dengan poin 24. Posisi Mahesa Jenar rawan tergusur Persebaya Surabaya (22 poin) yang baru memainkan 14 pertandingan. (*)

Tri Wuryono