in

PSIS Kalah 0-2 di Kandang Bali United

Saat ini PSIS turun ke peringkat keempat dengan poin 46, dua angka di bawah Bali United.

Duel Ilija Spasojevic dan Lucas Gama saat Bali United menjamu PSIS Semarang, Jumat (8/3/2024). (dokumentasi Bali United FC)

GIANYAR (jatengtoday.com) – Bali United memberi kekalahan kedelapan bagi PSIS Semarang saat kedua tim bertemu di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Jumat (8/3/2024). Laga pekan ke-28 BRI Liga 1 2023/2024 itu berkesudahan dengan skor 2-0 untuk tuan rumah lewat gol-gol Ilija Spasojevic dan Mohammed Rashid.

Bali United dan PSIS Semarang butuh kemenangan demi menjaga posisi mereka di zona Championship Series. Meski bermain di kandang lawan, Wahyu Prasetyo dan kawan-kawan justru lebih banyak menciptakan peluang berbahaya di awal laga.

Tuan rumah lebih dulu mengancam melalui sontekan Irfan Jaya di menit ke-9 yang masih bisa diblok Lucas Gama. Selanjutnya gantian PSIS mendapat tiga peluang berturut-turut.

Percobaan Evan Dimas di menit ke-11 memaksa Adilson Maringa menepis bola. Selanjutnya pemain pinjaman dari Arema FC itu melepaskan tendangan di menit 12 yang masih melebar di kanan gawang.

Semenit berselang giliran Boubakary Diarra menciptakan ancaman melalui sepakan dari luar kotak penalti namun masih tepat mengarah ke penjaga gawang.

Petaka bagi PSIS terjadi di menit ke-26 ketika sapuan Lucas Gama justru terkena kaki I Made Andhika yang berbuah penalti. Ilija Spasojevic sukses menaklukkan Adi Satryo lewat sepakan 12 pas dan membawa Serdadu Tridatu memimpin 1-0.

Lucas Gama nyaris membayar kesalahannya di menit ke-28. Menyambut umpan Fredyan Wahyu, eks Persikabo menyundul bola yang lagi-lagi digagalkan Adilson Maringa.

Diarra sempat menghadirkan ancaman di menit ke-40 melalui sundulan tapi melenceng dari gawang. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Bali United.

Babak kedua baru berumur tiga menit, PSIS kembali dihukum dari skema bola mati. Bali United mendapat tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Mahesa Jenar dan dieksekusi dengan sempurna oleh Mohammed Rashid.

Adilson Maringa lagi-lagi menyelamatkan tuan rumah dengan menggagalkan sepakan jarak dekat yang dilepaskan oleh Evan Dimas di menit ke-54.

PSIS tetap tidak mampu membalas gol-gol Spasojevic dan Mohammed Rashid di waktu yang tersisa. Mahesa Jenar menyerah 0-2 dan merelakan posisi ketiga untuk Serdadu Tridatu.

Saat ini PSIS turun ke peringkat keempat dengan poin 46, dua angka di bawah Bali United. Posisi Tim Ibu Kota Jateng rawan digusur Madura United dan Persik Kediri yang masing-masing memiliki 45 dan 43 poin.

Susunan Pemain

Bali United: Adilson Maringa–I Made Andhika Wijaya, Haudi Abdillah, Ricky Fajrin Saputra, Ardi Idrus; Luthfi Kamal, Mohammed Rashid; Yabes Roni Malaifani, Eber Bessa, Irfan Jaya; Ilija Spasojevic
PSIS Semarang: Adi Satryo–Fredyan Wahyu Sugiyantoro, Wahyu Prasetyo, Lucas Gama, Haykal Alhafiz; Alfeandra Dewangga, Boubakary Diarra; Paulo Gali Freitas, Evan Dimas Darmono, Riyan Ardiansyah; Taisei Marukawa
(*)
Tri Wuryono