in

Piknik di Jateng Makin Asyik Jika Jalur Tembus Ini Dibangun

SEMARANG (jatengtoday.com) – Pulau Jawa sudah punya jalan tol yang menghubungkan kabupaten/kota. Kini saatnya Jateng juga punya jalan pintas antar destinasi wisata. Rencananya, bakalan ada jalan tembus dari Candi Borobudur langsung ke Dataran Tinggi Dieng.

Jalur tersebut digadang-gadang mampu memanjakan pelancong agar betah berlama-lama tinggal di Jateng. Ini juga bisa jadi potensi besar untuk meratakan pertumbuhan ekonomi di daerah.

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Jateng, M Hendri Wicaksono menjelaskan, jalan tembus Borobudur-Dieng bisa jadi jalur wisata potensial. Selain itu, juga bisa jadi jalur perdagangan hasil pertanian daerah setempat.

Di era Gubernur Mardiyanto, kata Hendri, pernah diluncurkan program Solo-Selo-Borobudur (SSB) dan ditindaklanjuti dengan tahun kunjungan wisata di era Bibit Waluyo.

Di era Ganjar Pranowo, maka harus mulai dikuatkan dengan jalur wisata Borobudur-Dieng,” katanya, Senin (17/12/2018).

Ketua Garda Bangsa Jateng ini juga mengusulkan agar segera dikembangkan jalur wisata Dieng-Semarang-Jepara. Baik melalui jalur Dieng via Temanggung Utara sampai Gedongsongo maupun jalur Dieng-Temanggung Utara-Kendal.

“Khusus di Temanggung, sedang dikembangkan kawasan tiga kecamatan yakni Bejen, Tretep, dan Wonoboyo atau dikenal dengan sebutan ‘bytheway’,” sebutnya.

Pihaknya berharap ada sinkronisasi perencanaan tingkat kabupaten dan provinsi, terutama akses jalur transportasi yang masih belum bagus.

“Kami lihat di titik daerah Tambi Wonosobo dan titik Tlogopucang Kandangan ke arah Suwomono kabupaten Semarang perlu mendapat perhatian,” kata anggota Komisi C DPRD Jateng ini.
Diharapkan dengan pengembangan jalur utara Wonosobo dan Temanggung, tidak hanya jalur wisata yang berkembang. “Tapi jalur distribusi produksi pertanian dan sayuran makin berkembang pesat,” tegasya.

Hendri menambahkan, sektor wisata maupun pertanian yang berkembang, akan membuat peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Tentu kondisi seperti ini yang kita harapkan. Masyarakat semakin sejahtera, sehingga provinsi ini semakin lebih baik,” tandasnya. (*)

editor : ricky fitriyanto

Ajie MH.