in

Persiapan New Normal, Ruas Jalan di Semarang yang Ditutup Kini Dibuka Kembali

SEMARANG (jatengtoday.com) – Beberapa ruas jalan yang ditutup dalam rangka Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di Kota Semarang dibuka kembali mulai hari ini, Senin (15/6/2020).

Ruas jalan yang dimaksud adalah Jalan Dr Wahidin, Jalan Lamongan, Jalan Tanjung, Jalan Ngesrep Timur V, Jalan Sukun Raya, Jalan Supriyadi dan Jalan Lamper Tengah.

Selain itu, beberapa jalan protokol seperti Jalan Pemuda, Jalan Ahmad Yani, Jalan Pandanaran, Jalan Pahlawan dan Jalan Gajah Mada juga sudah difungsikan kembali.

Jalan-jalan tersebut akan dibuka selama 24 jam. Namun, untuk Jalan Protokol di kawasan Simpang Lima, tetap dilakukan penutupan pada akhir pekan, yakni Jumat-Minggu dari pukul 21.00-06.00 WIB.

“Iya, sudah dibuka kembali. Setelah hampir tiga bulan ditutup, kami membuka secara bertahap sesuai arahan Bapak Wali Kota Semarang,” ucap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Endro P Martanto saat dikonfirmasi.

Menurutnya, pembukaan ruas jalan ini menjadi pertimbangan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 jelang berakhirnya Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) tahap III pada Minggu, (21/6/2020) besok.

“Pembukaan ruas jalan ini akan dievaluasi dan bahan pertimbangan untuk keputusan selanjutnya,” imbuh Endro.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan pembukaan jalan tersebut merupakan uji coba demi menghidupkan kembali perekonomian masyarakat yang sempat terpengaruh penutupan jalan. Selain itu juga untuk mempersiapkan New Normal.

“Menyongsong New Normal kita uji coba buka beberapa ruas jalan yang kemarin ditutup. Sebenarnya tidak dibuka 24 jam. Tapi pada waktu padat seperti akhir pekan kita tutup,” katanya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto